ASN Harus Hapuskan Ego Sektoral

 ASN Harus Hapuskan Ego Sektoral
Digiqole ad

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berpesan, agar Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman.

“Saat ini, dunia tengah dihadapkan dengan revolusi industri 4.0 yang membawa perubahan lanksap di berbagai bidang. Perkembangan teknologi informasi pun semakin berkembang pesat. Hal ini memberikan fasilitas bagi masyarakat untuk dapat langsung menyampaikan aspirasinya,” kata Jokowi, dalam amanatnya saat menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun Korpri ke-47 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Lebih lanjut Presiden menjelaskan, ASN harus dapat melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, dan meningkatkan kualitas kerja.

Seperti dikutip dari menpan.go.id, ASN harus selalu open  mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan teknologi, serta kolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

“Kepada seluruh ASN di semua lapisan dan sektor, saya minta untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral. Semua permasalahan yang ada di masyarakat itu bersifat lintas sektoral dan daerah. Sehingga ASN harus berkolaborasi untuk mengaktualisasikan baktinya kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” papar Jokowi.

Ia menyebutkan, mulai tahun 2019, pemerintah akan mengubah prioritas untuk memperkuat sumber daya manusia secara besar-besaran untuk menghadapi tantangan zaman.

Kualitas SDM harus ditingkatkan secara signifikan di berbagai sektor dan lapis pemerintahan, serta usia. SDM Indonesia harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknologi yang sedang berubah cepat.

Presiden juga meminta kepada ASN untuk dapat memperkuat diri, agar dapat menjadi agen transformasi untuk penguatan SDM dalam membangun talenta anak bangsa.

“Saya yakin, transformasi kualitas SDM dapat dilakukan secara besar-besaran dan akan memberikan hasil positif bagi kemajuan bangsa,” ungkapnya. (hms/van)

 

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *