Perkuat Promosi, Kemenparekraf Tambah Jumlah Mitra Co-Branding “Wonderful Indonesia

 Perkuat Promosi, Kemenparekraf Tambah Jumlah Mitra Co-Branding “Wonderful Indonesia

JAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) memperkuat kolaborasi dengan menjalin kerja sama _co-branding_ bersama sejumlah _brand_ dalam upaya meningkatkan citra pariwisata Indonesia, khususnya _brand_ “Wonderful Indonesia”.

Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan MoU serta PKS antara Kemenparekraf/Baparekraf dengan perwakilan 17 _brand_ mitra _co-branding_ terbaru “Wonderful Indonesia” yang berlangsung di DoubleTree by Hilton Hotel, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf sekaligus Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ni Wayan Giri Adnyani dalam acara tersebut mengatakan, melalui perjanjian kerja sama ini maka jumlah mitra _co-branding_ “Wonderful Indonesia” saat ini berjumlah 70 _brand_ yang akan bersama-sama berkolaborasi dalam membangun pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

“Mitra _co-branding_ berasal dari industri pariwisata dan non pariwisata, seperti hotel, rumah makan, online _travel agent_, _food and beverages_, manufaktur, dan FMCG (_Fast Moving Consumer Good_),” kata Ni Wayan Giri Adnyani.

Giri menjelaskan, dalam memperkuat _brand equity_ terdapat delapan faktor penting. Yaitu _collaboration_, _value_, _emotional capital_, _awareness_, serta _communication_. Selain itu juga _strategy_, _reputation_, dan _legal & ethical decision making_.

Seluruh faktor tersebut dipastikan akan terimplementasi secara menyeluruh dalam program Wonderful Indonesia Co-Branding bersama-sama dengan seluruh mitra _co-branding_ yang sudah bergabung.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, tidak dapat bekerja sendiri dalam membangun _brand_ Wonderful Indonesia sebagai _brand_ pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang kuat. Dibutuhkan sinergi dan integrasi yang terwujud melalui kolaborasi dan kolabor-aksi dalam program Wonderful Indonesia Co-Branding ini,” kata Ni Wayan Giri.

Melalui kerja sama ini diharapkan kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam mendukung perekonomian nasional dengan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat dapat terwujud.

“Bersama kita pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat untuk pariwisata dan ekonomi kreatif kita, dan sebagai tuan rumah World Tourism Day 2022 serta G20 yang baik, mari bersama-sama kita jaga dan sukseskan acara tersebut,” ujar Giri.

Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Martini M. Paham, menjelaskan, inisiatif _co-branding_ ini dilakukan untuk dapat mencapai berbagai tujuan strategis. Di antaranya adalah meningkatkan _brand equity_ Wonderful Indonesia di pasar domestik dan global, juga memperluas penetrasi pasar dan memperkuat _brand exposure_ bersama.

Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasaran, melakukan _sharing resources_ antara kedua belah pihak yang bermitra sehingga menghasilkan efektivitas pemasaran yang maksimal.

“Serta memberi kesempatan kepada para mitra untuk tumbuh bersama dalam membangun citra merek masing-masing. Jadi tidak hanya tujuan strategis bagi _brand_ ‘Wonderful Indonesia’, tapi kedua belah pihak,” kata Martini M. Paham.

Ismail

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar