Kembali Digelar Tahun Ini, Produk Unggulan IFEX Jadi Incaran Buyers Luar Negeri

 Kembali Digelar Tahun Ini, Produk Unggulan IFEX Jadi Incaran Buyers Luar Negeri

JAKARTA – Indonesia International Furniture Expo (IFEX), pameran mebel dan kerajinan business to business (B2B) terbesar di Indonesia kembali digelar di tengah masa recovery akibat pandemi. Pameran ini berlangsung mulai 18 hingga Agustus 2022 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.

Sejak hari pertama, booth-booth peserta pameran IFEX 2022 banyak dikunjungi oleh buyers dan visitor yang memang khusus hadir untuk melihat produk unggulan industri mebel dan kerajinan Indonesia.

“Kami melihat bahwa para buyers yang datang pada pameran kali ini adalah mereka yang memang memiliki agenda untuk mencari produk yang sesuai dengan keinginan dan selera mereka. Hal ini mengingat dalam kondisi seperti ini, tentu dibutuhkan usaha ekstra untuk melakukan perjalanan luar negeri,” ungkap Ketua Presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Abdul Sobur, Jumat (19/8/2022).

Ia mengatakan, sebagai pameran pertama yang dilakukan pasca merebaknya pandemi, pihaknya tidak memiliki target tinggi baik dalam hal buyers, visitors, maupun transaksi.

“Awalnya kami hanya menargetkan sekitar 2.000 buyers, namun sampai saat ini ternyata IFEX bisa mencatatkan 3.800 registered buyers. Ini merupakan pencapaian yang sangat bagus dan semoga bisa terus bertambah,” ujarnya.

Optimisme senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua Umum HIMKI Bidang Promosi dan Pemasaran, Djudjuk Aryati. Ia mengatakan sejak hari pertama penyelenggaraan IFEX pihaknya mendapat laporan bahwa beberapa peserta sudah mendapatkan pesanan dan buyers baru.

Menurutnya, penyelenggaraan IFEX pada semester kedua memberi kesempatan untuk mendapatkan buyers baru. “Salah satu kekuatan industri mebel dan kerajinan Indonesia ada pada kemampuan craftmanship kita. Hal ini yang tidak bisa didapatkan pada produk-produk mebel dan kerajinan negara lain dan ini yang menjadi incaran buyers luar negeri,” ujarnya.

Merebaknya pandemi juga mengubah peta negara asal para buyers. Sampai dengan Jumat, tercatat 10 besar negara asal para buyers adalah Australia, Inggris, India, Singapura, Malaysia, Amerika, Belanda, Spanyol, Uni Emirat Arab, Korea.

“Meskipun negara asal para buyers mengalami sedikit perubahan, namun Amerika Serikat masih menjadi negara tujuan ekspor terbesar,” ujar Abdul Sobur. Secara total, IFEX 2022 berhasil mencatatkan registered buyers dari 57 negara.|Ilham

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar