Jelang Tahun Baru Penumpang Stasiun Gambir dan Pasar Senen Meningkat

 Jelang Tahun Baru Penumpang Stasiun Gambir dan Pasar Senen Meningkat

JAKARTA – Menjelang tahun baru 2023 penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali meningkat, secara total terdapat sekitar 38.700 tiket terjual untuk keberangkatan hari ini.

Berdasarkan data penjualan tiket tercatat volume penumpang berangkat pada Jumat 30 Desember 2023 merupakan angka volume tertinggi pada masa libur menjelang Tahun Baru 2023 untuk area Daop 1 Jakarta. Dari total sekitar 38.700 penumpang pada hari ini, 16.200 tiket terjual untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dengan layanan operasional 37 perjalanan KA dan 22.500 lainnya merupakan tiket terjual keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dengan layanan operasional 32 perjalanan KA, jumlah tersebut masih mungkin mengalami peningkatan mengingat penjualan tiket untuk keberangkatan hingga KA terakhir pada hari ini masih dibuka.

KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1 Jakarta) himbau seluruh masyarakat yang akan menggunakan KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen agar memperhatikan kembali aturan Vaksin terbaru yang telah diberlakukan dan juga memperhatikan barang bawaan agar tidak tertinggal di peron stasiun maupun di atas kereta api.

Secara keseluruhan total tiket Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), tiket yang disediakan dari KAI Daerah Operasi 1 Jakarta (Daop 1Jakarta) selama 18 hari masa Nataru tanggal 22 Des 2022 s.d 8 Januari 2023 sebanyak 739.299 tiket dari jumlah tersebut sampai dengan Jumat (30/12) telah terjual sekitar 407 ribu untuk keberangkatan 22 Des 2022 s.d 8 Jan 2023, jumlah penjualan tiket tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online.

Sementara jika melihat berdasarkan tanggal yang paling banyak diminati berdasarkan tanggal keberangkatan KA terjadi mulai tanggal 22 s.d 31 Desember 2022, pada kurun waktu 10 hari tersebut dari ketersediaan tiket sebanyak 410.924 sekitar 328.731 telah terjual.

Adapun terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti diantaranya Yogyakarta, Solo, Semarang, Purwokerto, Tegal, Kutoarjo, Surabaya, Malang dan Madiun sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung.

Untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan Daop 1 Jakarta juga melakukan penambahan area dan kursi tunggu untuk penumpang. Di Stasiun Pasar Senen fasilitas kursi tunggu stasiun kini tersedia sebanyak 3200 tempat duduk, sementara di Stasiun Gambir tersedia sebanyak 1500 tempat duduk yang tersebar diberbagai area pelayanan.

Sementara untuk mengurai kepadatan penumpang saat pemeriksaan tiket, Daop 1 Jakarta juga menambah jumlah meja layanan untuk pemeriksaan tiket, seperti di Stasiun Gambir yang sebelumnya hanya terdapat 4 titik layanan pemeriksaan tiket kini bertambah menjadi 10 titik layanan.

Penambahan petugas juga dilakukan di sejumlah area pelayanan, saat ini terdapat petugas Costumer Service mobile (CSM) yang akan membantu penumpang di berbagai area pelayanan Stasiun.

Tingginya volume pada masa Angkutan Nataru ini juga berdampak pada meningkatnya jumlah data barang tertinggal yang telah diamankan oleh petugas. Sebagai bentuk pelayanan,  PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mengoptimalkan fungsi layanan Lost and Found untuk mengelola barang penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas.

Selama periode nataru yang telah berjalan selama 9 hari sejak 22 s.d 30 Desember 2022 tercatat 30 puluh barang milik penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas dan telah di masukan pada database sistem Lost and Found. Dari jumlah tersebut, 20diantaranya sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti Laptop, Telepon Seluler, Tas, Dompet hingga Paspor.

Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam KA atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain Kondektur yang sedang berdinas di atas KA, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar