IMC Discussion Series #24 : Peran Badan Klasifikasi Dalam Memajukan Sektor Maritim Indonesia

 IMC Discussion Series #24 : Peran Badan Klasifikasi Dalam Memajukan Sektor Maritim Indonesia
Digiqole ad

BADAN Klasifikasi memegang peranan penting dalam sektor pelayaran dan maritim. Badan ini yang memastikan pemenuhan standar kelaikan dan keselamatan dalam kegiatan-kegitan di sektor maritim.

PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau disingkat BKI merupakan satu-satunya badan klasifikasi nasional yang diberikan kewenangan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengklasifikasi kapal niaga berbendara Indonesia.

Kegiatan klasifikasi tersebut merupakan kegiatan penggolongan kapal berdasarkan konstruksi lambung, mesin, dan listrik kapal dengan tujuan memberikan salah satu penilaian atas laik laut kapal tersebut untuk berlayar.

Apa saja tugas dan mekanisme kerja Badan Klasifikasi (BKI)? bagaimana perannya dalam memajukan sektor maritim Indonesia? Apa saja tantangannya di lapangan?

Memasuki Seri ke 24 Indonesia Maritime Club Discussion Series hadir kembali dengan tajuk: “Peran Badan Klasifikasi Dalam Memajukan Sektor Maritim Indonesia”. Kegiatan berlangsung Rabu, 2 Desember 2020 Pukul 10.00 Wib.

Narasumber dari diskusi ini yaitu Dr. Ir. Rudiyanto M.M., M.BA Direktur Utama PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero). Kemudian Ir. Justinus Tangkelangi M.T. Ketua Bidang Pengembangan Industri Pelayaran DPP INSA (Indonesian National Shipowners Association). Serta Rommel MP Wakil Ketua Umum PRAMARIN (Praktisi Maritim Indonesia)

CEO dan Cofounder myshipgo, Harlin E. Rahardjo mengungkapkan, kelautan dan logistik menjadi perhatian, karena Indonesia negara kepulauan, 2/3 wilayahnya terdiri dari laut.

“Sektor maritim, kelautan dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan (17000 ++ pulau) yang 2/3 wilayahnya terdiri dari laut. Myshipgo menggagas forum diskusi ini untuk dapat memberikan manfaat dan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan, pencerahan, serta edukasi di sektor maritim, kelautan, logistik dan juga teknologi informasi/digitalisasi. Selain itu, myshipgo berharap dapat “merangkul” para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk bangkit dari situasi pandemi covid 19 ini demi memajukan Indonesia,” ujar Harlin.

Ia juga menyebutkan, keselamatan dan keamanan adalah yang utama dalam kegiatan di sektor maritim. Di seri ke 24 ini IMC mengangkat topik mengenai Badan Klasifikasi yang berperan penting dalam penentuan standarisasi dan kelaikan kapal secara detail untuk menjamin keselamatan dan meminimalisasi kecelakaan dalam kegiatan sektor pelayaran dan maritim, tambah Harlin.

“Kami bersyukur Pak Dirut PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) bersedia menjadi narasumber, didampingi para pelaku industri maritim yang diwakili INSA dan Pramarin, “ tambah Dony Ari Nugroho, Moderator IMC dan cofounder Myshipgo.

Forum Diskusi Virtual Indonesia Maritime Club ini sudah memasuki edisi ke 24 dan hadir setiap dua minggu sekali di hari Rabu dengan topik yang menarik serta narasumber kredibel.

Pendaftaran melalui link di bit.ly/myshipgo_imc24 atau WA di +62 819 056 049 99. [*]

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *