Ditetapkan, Dies Natalis UPNVJ 30 November

 Ditetapkan, Dies Natalis UPNVJ 30 November
Digiqole ad

PENETAPAN tanggal Dies Natalis menjadi hal penting khususnya bagi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ).

Sementara itu, UPNVJ memiliki beberapa tanggal bersejarah, hal ini berkaitan dengan perjalanan UPNVJ dari awal sampai dengan hari ini.

Mengingat kegiatan Dies Natalis ini perlu menjadi sarana serta berbagai pertimbangan lainnya untuk melibatkan seluruh sivitas, maka perlu ditetapkan tanggal Dies Natalis dengan mengacu kepada perjalanan panjang UPNVJ.

Setelah Indonesia merdeka, para pejuang Kemerdekaan RI beralih peran dari revolusi fisik ke pembangunan untuk mengisi kemerdekaan, pada tanggal 15 Desember 1958 di Yogyakarta, melalui pemufakatan beberapa pejuang kemerdekaan, mendirikan akademi yang dinamakan yang dinamakan Akademi Pembangunan Nasional “Veteran” dengan membuka jurusan-jurusan seperti, Tata Perusahaan, Pertanian, Teknik Kimia, dan Geologi Pertambangan.

Pada tanggal 21 Februari 1967, cikal bakal UPN “Veteran” Jakarta, ketika tiga akademi yang didirikan sebelumnya pada 7 Januari 1963, digabung menjadi satu dengan nama PTPN “Veteran” Cabang Jakarta, kemudian 30 November 1977, PTPN “Veteran” Cabang Jakarta berubah nama menjadi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Cabang Jakarta.

Selanjutnya, tanggal 27 Februari 1993, UPN “Veteran” Cabang Jakarta menjadi universitas yang mandiri penuh, terlepas dari induknya, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, juga tanggal 29 November 1994, terjadi perubahan status dari Perguruan Tinggi Kedinasan menjadi Perguruan Tinggi Swasta, dengan menyelenggarakan lima Fakultas, di samping tiga akademinya yang memasuki phasing-out.

Pada tahun 2000, seluruh program-program studi yang berada di bawah fakultas UPN “Veteran” Jakarta berhasil mendapat akreditasi BAN-PT, serta tanggal 6 Oktober 2014, UPN “Veteran” Jakarta ditetapkan menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

“Dari perjalanan panjang UPNVJ yang memiliki beberapa tanggal bersejarah dan pada awalnya kita menetapkan Dies Natalis pada tanggal 7 Januari 1963, setalah kita pertimbangkan, Dies Natalis pada tanggal tersebut menjadi kurang maksimal, karena pada saat itu juga mahasiswa sedang libur semester. Jadi berdasarkan hal tersebut dan keputusan Senat UPNVJ, kami meyepakati dan menetapkan tanggal Dies Natalis UPNVJ adalah pada tanggal ketika UPNVJ berstatus pertama kalinya menjadi satu universitas, yaitu pada tanggal 30 November 1977,” ungkap Rektor UPNVJ Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA, CGOP.

Untuk itu harapan kami, dengan penetapan tanggal Dies Natalis tanggal 30 November 1977, maka seluruh sivitas, baik mahasiswa, dosen dan para tenaga kependidikan serta seluruh stakeholder dapat memaksimalkan kegiatan  Dies Natalis ini, sehingga makna dari Dies Natalis bisa dirasakan oleh semua pihak dan ini yang akan mendorong kemajuan untuk UPNVJ, tambah Erna Hernawati. (My)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *