BRI Regional Jakarta 1 Konsisten Dukung Pemberdayaan UMKM Melalui Bazaar Klaster Mantriku

 BRI Regional Jakarta 1 Konsisten Dukung Pemberdayaan UMKM Melalui  Bazaar Klaster Mantriku

JAKARTA – Bank Rakyat Indonesia (BRI) Regional Jakarta 1 kembali mengadakan “Bazaar Klaster Mantriku”, sebagai wadah pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya.

Kegiatan Bazaar Jumat, (12/11/2021)  ini dilaksanakan untuk yang ke dua kalinya diselenggarakan, fokus kepada UMKM terus dilakukan BRI secara konsisten. Melalui tenaga marketing segmen mikro atau biasa disebut Mantri, BRI Regional Jakarta 1 telah melakukan pendanaan hingga pemberdayaan kepada para pelaku UMKM khususnya yang berada di wilayah Jakarta.

Dengan tema campaign “Brilian Sahabat UMKM”, kali ini BRI Regional Jakarta 1 menghadirkan delapan klaster usaha binaan unggulan, yaitu Klaster Mie Ayam dari BRI Unit Pinangsia, Klaster Aneka Roti dari BRI Unit Warakas, Klaster Cincau dari BRI Unit Bintara, Klaster Aneka Buah dari BRI Unit Warakas, Klaster Kopi dari BRI Unit Bidara Cina, Klaster Keripik Peyek dari BRI Unit Kayu Putih, Klaster Dimsum dari BRI Unit Kebon Baru dan Klaster Petani Padi dari BRI Unit Rorotan.

Klaster usaha binaan BRI merupakan kelompok usaha yang terbentuk berdasarkan kesamaan usaha, dalam satu wilayah sehingga tercipta keakraban dan kebersamaan dalam peningkatan maupun pengembangan usaha para anggotanya.

Kegiatan yang melibatkan klaster usaha UMKM ini dihadirkan untuk mendorong penjualan serta mengenalkan kepada publik produk-produk unggulan mereka.

Kegiatan “Bazaar Klaster Mantriku”, sebagai wadah pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaannya.

BRI sebagai bank yang berfokus di segmen UMKM, melakukan pemberdayaan klaster usaha untuk dapat meningkatkan kapasitas dalam pengelolaan usahanya.

Sementara itu Regional CEO BRI Jakarta 1 Rudhy Sidharta, mengungkapkan, Bazaar Klaster Mantriku merupakan wujud perhatian BRI terhadap UMKM Indonesia dan juga para Mantri sebagai wadah untuk mengenalkan produk nasabah binaan mereka.

Hal ini selaras dengan tagline kami yaitu Memberi Makna Indonesia”.

Dengan diselenggarakannya Bazaar ini,  dapat memotivasi Mantri untuk bekerja dengan cara baru, sehingga ekspansi bisnis dapat lebih berkualitas, efisien dan efektif.

Begitu pula yang disampakan Regional Micro Banking Head Jakarta 1 Joni Sukendro,  dimana ingin memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM bahwa melalui Bazaar ini UMKM dapat memasarkan produknya lebih luas lagi, karena para UMKM dibekali dengan pelatihan mengenai transaksi digital, serta produk-produk perbankan yang sejalan dengan kebutuhan bisnis para UMKM.

“Bazaar ini juga akan dilaksanakan satu kali setiap bulannya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Joni Sukendro berharap, dengan kegiatan Bazar ini, maka semakin banyak lagi UMKM yang terbantu dalam memasarkan produknya.

Dalam kegiatan ini, BRI juga memberlakukan mekanisme pembayaran cashless transaction selama proses jual beli produk.

Berbagai sistem bayar yang dapat digunakan di antaranya adalah QRIS dan BRImo. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengurangi kontak fisik untuk mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19.

Beberapa peserta bazar mengaku senang dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, seperti halnya Asmat anggota Klaster Petani Padi Rorotan mengatakan, BRI mendukung kami para nasabah UMKM dalam hal pendanaan modal usaha, pemberdayaan, hingga menyediakan wadah untuk memasarkan produk-produk kami didepan publik.

“Berkat Bazar ini, mereka menjadi paham bagaimana melakukan transaksi digital (cashless), sehingga kedepannya ilmu seperti ini sangat bermanfaat bagi mereka maupun UMKM lainnya,” ujarnya.

“Alhamdulillah kami benar-benar bersyukur dan berterima kasih kepada BRI atas kesempatan ini. BRI keren banget, BRI benar-benar sahabat UMKM!,” tambah Asmat, salah satu pelaku usaha dari klaster Petani Padi binaan BRI Unit Rorotan. (Rls)

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar