DPR: Teknologi Digital Tingkatkan Daya Saing UMKM

 DPR: Teknologi Digital Tingkatkan Daya Saing UMKM

Jakarta – Pemanfaatan teknologi digital harus menjadi wilayah operasional utama bagi entrepreneur, khususnya pelaku UMKM dalam mengembangkan masa depan bisnisnya.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid dalam webinar bertajuk Digitalisasi UMKM: Kreatif Memanfaatkan Media Sosial, yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (23/5/2013).

Menurut Meutya, akselerasi pemanfaatan teknologi digital secara langsung, akan berdampak pada kemudahan aktivitas transaksi jual beli yang aman dan efisien.

“Apa yang dapat generasi muda lakukan jika ingin memulai UMKM, jadi beralih pada marketplace atau e-commerce, ini kuncinya salah satu. Jadi belanja online menjadi pilihan favorit konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan sehingga pelaku UMKM dapat diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini,” jelas Meutya.

Webinar via zoom yang diselenggarakan DPR bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) diikuti 250 mahasiswa dari wilayah Sumatera Utara dan sebagian wilayah Jabodetabek menghadirkan Founder GEO Gemilang Event Organizer, Prasetia Kurniawan dan Owner Baba Parfume, Reza Kurniawan, sebagai narasumber.

Politisi senior Partai Golkar ini mengatakan, para generasi muda juga harus melek strategi pemasaran produk secara digital, agar memudahkan UMKM mengembangkan pasar.

Selain itu, lanjut Meutya Hafid, pemanfaatan layanan pesan-antar juga perlu dilakukan untuk mempermudah pengiriman produk sampai ke konsumen.

“Strategi pemasaran dapat dimanfaatkan seperti media sosial, aplikasi pesan instan, digital ads dan lain-lain,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Owner Baba Parfume, Reza Kurniawan mengatakan ada sejumlah keuntungan dari e-market, selain hemat biaya dan cepat mendapatkan respon, e-market juga memiliki risiko yang rendah ketimbang penjualan secara konvensional.

“Teknologi berkembang secara pesat dan terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Itu makanya, akan terus muncul tren digital marketing terbaru disesuaikan dengan kondisi dan situasi di tahun tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Founder GEO Gemilang Event Organizer, Prasetia Kurniawan mengatakan ada 3 hal yang harus diingat dalam memanfaatkan media sosial bagi para pelaku UMKM, yakni, konsistensi, konten dan iklan.

Konsistensi, kata Prasetia adalah rutin setiap harinya mengupdate konten di sosial media. Lalu konten tentang isi dari media sosial, dimana konten harus berisi informasi, trend ataupun tips-tips tertentu. “Dan yang terakhir, jika dirasa perlu, iklan juga di sosial media yang disesuaikan dengan target pasar. Jangan terlalu luas, lebih spesifik lebih baik” katanya. [*]

Berita Terkait