Pusat Pelaksanaan UTBK 2022, UPNVJ Salah Satu Penyelenggara

 Pusat Pelaksanaan UTBK 2022, UPNVJ Salah Satu Penyelenggara
Digiqole ad

Jakarta – Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) kembali menjadi salah satu penyelenggara Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (UTBK-SBMPTN) di wilayah Jakarta yang sudah berlangsung empat tahun berturut-turut.

“Kami tentu menyelenggarakan UTBK dengan persiapan yang sangat matang, mengingat UPNVJ sudah bekerja sama dengan LTMPT selama empat tahun berturut-turut menjadi salah satu pusat UTBK yang ada di wilayah Jakarta,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVJ Dr. Anter Venus, MA.Comm di Kampus UPNVJ Pondok Labu, Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Venus menjelaskan, persiapan yang dilakukan antara lain jaringan computer, aplikasi yang diperlukan, listrik, ruangan, dan fasilitas parkir. Sumber daya manusia, yaitu panitia yang bertugas, juga tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat meskipun kondisi pandemi Covid-19 di Jakarta sudah mulai menurun.

Peserta UTBK-SBMPTN  yang hadir diarahkan untuk memasuki antrean yang jalurnya sudah disediakan, memindai barcode aplikasi PeduliLindungi, kemudian dicek kartu ujiannya agar tidak salah jadwal dan lokasi ujian serta mencuci tangan sebelum diarahkan menuju ruangan yang menjadi tempat ujian.

“Beberapa waktu sebelum penyelenggaraan, kami memberikan arahan kepada seluruh panitia agar UTBK di UPNVJ berjalan dengan lancar. UPNVJ memiliki kapasitas 19.600 kursi yang sudah dimanfaatkan 100 persen. Kuota per hari mencapai 700 kursi, yaitu 510 kursi di Kampus Pondok Labu dan 190 kursi di Kampus Limo Depok, dengan menggunakan 29 ruangan,” tuturnya.

Menurut Venus, pada dasarnya tidak ada perbedaan signifikan antara penyelenggaraan UTBK-SBMPTN 2022 dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. UTBK-SBMPTN memiliki standar persiapan yang relatif sama. Yang berbeda hanya transisi dari tahun 2019 menuju 2020 karena terjadi pandemi Covid-19.

“Selebihnya tidak ada perbedaan signifikan, semua terkoordinasi dengan baik oleh panitia pusat,” ujarnya.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia menyelenggarakan UTBK–SBMPTN 2022 dengan membuka dua gelombang. Gelombang pertama dimulai dari Selasa, 17 Mei 2022 sampai dengan Senin, 23 Mei 2022, sedangkan gelombang kedua dimulai pada Sabtu 28 Juni 2022 sampai dengan Jumat, 3 Juni 2022 mendatang.|My

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *