Kadipaten Pakualaman Gandeng Generasi Muda Lestarikan Budaya

 Kadipaten Pakualaman Gandeng Generasi Muda Lestarikan Budaya
Digiqole ad

YOGYAKARTA – Dalam upaya mengenalkan warisan budaya kepada generasi muda, Kadipaten Pakualaman mengajak generasi muda untuk mengikuti berbagai lomba yang digelar Kadipaten Pakualaman.

“Serangkaian perlombaan yang kental dengan tradisi khas Yogyakarta, khususnya Pakualaman, digelar dalam peringatan Hadeging (,berdirinya) Kadipaten Pakualaman ke 216” terang panitya Peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman, Bendoro Pangeran Haryo (B.P.H) Kusumo Bimantoro dalam jumpa pers di komplek Puro Pakualam, Jumat (14/1/2022).

Tradisi di Kadipaten Pakualaman, imbuhnya, sebagai bagian tidak terpisahkan dari Yogyakarta. Dan sebagai wujud pelestarian memerlukan peran generasi muda. Generasi muda harus melakukan praktek-praktek tradisi khas Yogyakarta secara langsung. Dan salah satu bentuk nyata akan hal itu generasi muda dapat berpartisipasi dalam lomba yang diadakan Kadipaten Pakualaman.

Dijelaskannya, dalam rangka peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman berbagai lomba, baik secara daring maupun luring. Seperti lomba tari klasuk Gagak Pakualaman tingkat DIY, lomba macapat Paku Alam Cup X tingkat nasional, lomba Literasi aksara Jawa tingkat nasional. Dan yang terbaru lomba Cipta Lelagon Bocah.

Lebih jauh Kusumo Bimantoro mengatakan lomba lainnya antara lain, lomba penulisan artikel tingkat nasional, lomba mewarnai motif batik Pakualaman, tingkat DIY dan Jawa Tengah hingga sayembara Jemparingan Mataraman Paku Alam Cup tingkat DIY.

Kusumo Bimantoro juga menuturkan peringatan Hadeging Kadipatren Pakualaman ke 216 tahun ini digelar secara sederhana. Peringatan ini diselenggarakan dan diformulasikan sejalan dengan amanat UU Keistimewaan DIY. Dan yang tidak kalah pentingnya hal ini sejalan dengan visi K.G.P.A.A Paku Alam X untuk melanjutkan kewajiban leluhur Mataram sebagai pengemban kebudayaan.

“Kegiatan akan dilaksanakan dari 10 Januari hingga 19 Maret 2022. Dan pendaftaran dibuka pada 16/1/2022. Kami berharap generasi muda untuk turut menjaga kelestarian budaya tradisi dengan berpartisipasi dalam lomba” pungkasnya.|njar

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *