Sukses PLN UP2B Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, Pasokan Listrik  Selama Kunjungan Presiden di Semarang Aman

 Sukses PLN UP2B Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, Pasokan Listrik  Selama Kunjungan Presiden di Semarang Aman
Digiqole ad

Semarang – PLN UP2B Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta sukses jaga keandalan sistem kelistrikan selama Kunjungan Presiden Jokowi di Semarang. Kunjungan Presiden tersebut dalam rangka HUT Bhayangkara ke -76 pada  5 Juni 2022.

Dalam acara tersebut, pasokan listrik aman dan handal dari sisi tegangan 150 kV serta pekerjaan-pekerjaan yang dilaksanakan pada ruas-ruas tersebut di wilayah kota Semarang tidak mengganggu kehandalan pasokan listrik di lokasi pelaksanaan.

“Ada beberapa pekerjaan di wilayah Semarang, yaitu di Gardu Induk Tambaklorok dan Krapyak, tetapi pekerjaan tersebut tidak mengganggu atau mengurangi kehandalan pasokan listrik ke lokasi pelaksanaan,” kata Manager PLN UP2B Jateng & D.I. Yogyakarta, Akhmad Duli.

Lebih lanjut Manager PLN UP2B Jateng & D.I. Yogyakarta menyebutkan, hal tersebut tidak lepas dari koordinasi yang baik antara PLN UP2B Jateng & D.I. Yogyakarta dengan PLN UP2D Jateng & D.I. Yogyakarta selaku pemasok listrik di tegangan konsumen 20 kV, ujarnya.

Akhmad Duli juga menyebutkan, pihak PLN telah mengantisipasi gangguan penyulang dengan menyiapkan penyulang cadangan untuk pemulihan gangguan, sebagai alternatif agar penormalan dapat dilakukan dengan cepat jika gangguan yang menyebabkan padam.

“PLN telah menyiagakan pasokan listrik yang disalurkan melalui GI Krapyak, GI Srondol, GI Kalisari, dan GI Pandeanlamper dengan masing-masing sebagai pasokan utama dan pasokan back-up,” jelasnya.

Selama kunjungan tersebut, tidak ada gangguan pada ruas-ruas pasokan tersebut. Pasokan listrik tersebut berasal dari Subsistem Ungaran dengan Daya Mampu Pasok sebesar 1.001 MW yang berasal dari IBT 1 & 2 Ungaran, serta dari pembangkit PLTGU Tambaklorok, sedangkan perkiraan beban puncak siang di Subsistem Ungaran sebesar 697 MW, maka masih terdapat margin sebesar 304 MW yang berarti pasokan listrik dalam keadaan surplus dan andal, paparnya.

“Pengoperasian sistem penyaluran dan pengaturan beban merupakan bagian dari rutinitas koordinasi yang selalu dilakukan oleh PLN UP2B Jateng & D.I. Yogyakarta dengan PLN UP2D Jateng & D.I. Yogyakarta secara terus-menerus selama 24 jam non-stop. Terutama jika memang ada event-event yang membutuhkan prioritas kehandalan, maka tentu kami juga telah menyiapkan mitigasi serta pemetaan ruas-ruas kritikal hingga penerbitan Standart Operational Procedure (SOP) Pemulihan Gangguan Sistem,” tambah Akhmad Duli. | My

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *