Semarak Muharram 1444 H RW 12 Meruyung Depok

 Semarak Muharram 1444 H  RW 12 Meruyung Depok
Digiqole ad

Depok – Tahun Baru Hijriah atau Tahun Baru Islam, atau yang jatuh pada 30 Juli 2022, merupakan hari yang penting bagi umat Islam.

Hal tersebut menandai peristiwa yang terjadi dalam sejarah Islam, yaitu memperingati hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Banyak dari masyarakat menyambut perayaan Tahun Baru Islam ini dengan beragam kegiatan. Salah satunya pawai obor, seperti yang dilaksanakan warga masyarakat di lingkungan perumahan Cinere Residen RW 012, Kelurahan Meruyung Kecamatan Limo, Kota Depok.

Pawai obor keliling ini di lakukan warga, dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Menurut Ketua RW 12 Kelurahan Meruyung M Joko Pamungkas, setiap tahunnya warga di wilayahnya Komplek Perumahan Cinere Residen ini merayakan kegiatan Tahun Baru Islam 1 Muharram.

Tahun Baru Islam 1 Muharram 2022 1444 Hijriyah kali ini, dirayakan bekerja sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid, seperti pengajian, sholat berjamaah, serta pawai keliling dengan membawa obor.

Selesai sholat Isya dilanjutkan dengan pawai keliling. Konon pawai obor ini sudah ada sejak dahulu, hingga kini tradisi ini masih terus dilakukan secara turun temurun.

“Nanti pada tanggal 10 Muharram, kita juga melaksanakan lebaran anak yatim, yang mana kita ambil dari luar RW 12. Jadi biasanya kita undang anak yatim kurang lebih 100 orang dari luar RW 12 ini,” ujar M Joko Pamungkas.

Sementara itu untuk kegiatan pawai obor ini dimulai dari Masjid Nurul Hasanah, antusias warga masyarakat cukup besar dari kegiatan ini, terutama anak-anak dan remaja.

Dalam pawai yang diikuti kurang lebih 100 warga ini, mereka membawa obor yang diiringi alat musik rabana, berjalan keliling komplek sambil mengumandangkan salawat dan puji-pujian kepada Allah SWT.

Hal ini merupakan ungkapan rasa syukur karena diberi kesempatan untuk merayakan momen pergantian tahun dalam kalender Islam.|My

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *