EKBIS

Melalui Webinar FIFGROUP, 250 Kepala Cabang Belajar Memahami Perkembangan Media

JAKARTA – Setelah webinar yang pertama dengan tajuk “Bincang Asik Bersama Dahlan Iskan”, kali ini FIFGROUP melanjutkan rangkaian kegiatan webinar kedua, yang mengambil tema, “Perkembangan Media, Tantangan Bagi Perusahaan” dari kacamata para ahli komunikasi.

Webinar ini bertujuan untuk memberikan skill dan knowledge dasar dalam berkomunikasi bagi para Person In Charge (PIC) Public Relations (PR) Kantor Pusat dan Cabang FIFGROUP.

Dengan network FIFGROUP tersebar di seluruh Indonesia mencapai lebih dari 240 cabang, maka penting setiap PIC PR di setiap titik untuk terus memperkaya diri dan meningkatkan knowledge terkait komunikasi, bagian yang termasuk didalamnya melalui FIFGROUP webinar series, dimana kegiatan tersebut dilangsungkan Jumat, (23/4/2021) secara virtual ini.

Sementara itu, Ketua Umum Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Teguh Santosa dan Pemimpin Redaksi IDN Times Uni Zulfiani Lubis menjadi pembicara dalam 2nd webinar series.

Dua sosok hebat ini memberikan pembinaan untuk seluruh PIC PR agar bisa meningkatkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan media massa (media relations).

Media’s Perspective dan Media Cyber

Kegiatan dihadiri peserta PIC PR Kantor Pusat FIFGROUP yang mewakili setiap departemen, kemudian PIC PR Cabang yang merupakan Kepala Cabang FIFGROUP dari Sabang hingga Merauke, serta seluruh Kepala Wilayah FIFGROUP, dibuka dengan opening speech dari Yulian Warman selaku Chief of Corporate Communication and Corporate Social Responsibility FIFGROUP.

“Ini saatnya kita belajar dari para ahli, bagaimana menjadi PIC PR yang mampu menghandle media dengan cara yang baik, dan mengenal framing media dari kacamata media langsung. Harus bisa memanfaatkan momen ini untuk menyerap knowledge dan skill,” ujar Yulian.

Materi pertama dibawakan Uni Zulfiani Lubis, yang mengambil prespektif komunikasi dari kacamata media. Perempuan hebat di balik IDN Times ini menjelaskan ilmu-ilmu dari sudut pandang media dalam membangun media relations, di mana ini merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan dalam upaya menjaga sustainability perusahaan itu sendiri.

Uni Zulfiani menjelaskan, dalam menentukan agenda setting terkait editorial, setiap minggu IDN Times pasti ada meeting, “jangan lupakan Search Engine Optimization (SEO) namun hindari gosip dengan menjadi lebih kreatif menarik highlight atau angle suatu berita,” ujarnya.

“Kalau satu perusahaan di beri target media coverage sampai 400 release, ya mohon maaf, itu sulit sekali. Tapi kalau 100 release dengan diiringi ada featurenya dan ada hard newsnya, tentu lebih impactfull karena lebih berwarna,” papar Uni Zulfiani Lubis.

Selanjutnya Ketua Umum JMSI dalam pemaparan materinya, menjelaskan definisi dasar dalam berkomunikasi dan bagaimana sebuah komunikasi, khususnya di dalam media siber, mampu memberikan pengaruh yang besar dalam pembentukan opini di mata publik. Itu sebabnya, komunikasi menjadi hal yang sangat perlu dipelajari karena merupakan awal dari bagaimana membangun media relations. Materi Teguh fokus kepada lika-liku dan peran media siber, serta kiat-kiat memanfaatkan media siber bagi perusahaan.

“Internet atau siber sebenarnya adalah sebuah platform. Hanya sebuah arena atau ring, seperti halnya media cetak, radio, TV. Tidak ada yang istimewa dari siber itu sendiri. Sebagai sebuah platform yang nyaris tak terbatas, Siber memiliki kemampuan menampung hampir semua informasi di muka bumi. Yang harus menjadi fokus adalah kedewasaan dari masyarakat dalam menerima informasi dari Siber. Ada 2 jenis informasi yang muncul di Siber, pertama adalah karya pers yang dikerjakan sesuai hukum dan etika informasi dan kedua adalah bukan karya pers yang berisi fitnah dan kebohongan yang tidak faktual,” papar Teguh saat menyampakan materinya.

Pentingnya Komunikasi

FIFGROUP, salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk dan merupakan bagian dari Astra Financial, menyadari betapa pentingnya skill dan knowledge tentang public relations (PR) dan media dalam fungsinya menjaga citra dan reputasi yang positif perusahaan di mata publik.

Sebagai PIC PR, Kepala Cabang merupakan leader yang mengawal dan menjaga citra serta reputasi positif perusahaan di wilayahnya masing-masing, perlu untuk memperkaya skill dan knowledge dalam berkomunikasi menghadapi media.

Hal ini akhirnya membawa FIFGROUP, melalui Corporate Communication Department, membuat program yang memiliki tujuan untuk meningkatkan skill dan knowledge terkait PR dan media relations kepada para PIC PR Kantor Pusat dan Cabang, yaitu Webinar, FIFGROUP Corporate Communication 2021 yang akan diselenggarakan sebanyak dua kali, dengan menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya masing-masing.

Pada webinar pertama yang bertajuk “Bincang Asyik dengan Dahlan Iskan”, hadir sebagai pembicara, Prof. Dr. (H.C) Dahlan Iskan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2011-2014, menjelaskan bagaimana perkembangan dan opportunity serta tantangan dalam dinamika perbedaan zaman dulu dan zaman sekarang, seperti salah satu contohnya bagaimana media saat ini didominasi media sosial. (rls)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button