KKN Mahasiswa UMBY, Bantu Peningkatan Pemasaran UMKM Desa Wringinputih

 KKN Mahasiswa UMBY, Bantu Peningkatan Pemasaran UMKM Desa Wringinputih
Digiqole ad

MAGELANG – Kuliah Kerja Nyata KKN gelombang 39 kelompok 13 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan pelatihan pengolahan singkong.

Dimana pengolahan dan pemasaran singkong ini menjadikan andalan UMKM Desa Wringinputih Borobudur Magelang.

Salah seorang peserta KKN UMBY, Riza Luciana Septanti mengatakan pelatihan yang didampinginya berupa pembuatan Brownies dan Lennies (Bolen Brownies) berbahan baku atau terbuat dari tepung Mocaf.

“Ide ini muncul saat kami melakukan kunjungan ke Desa Wringinputih. Dimana saat bertemu dengan Ketua BUMDesa Wringinputih, Rizal Arif Windriatmoko yang berharap pihaknya dapat dibantu mengolah singkong yang bernilai jual tinggi” , ujarnya dalam releasenya, Senin (16/8/2021).

Di bawah dosen pembimbing Ir Setyo Utomo M.P, sambungnya, kami mengadakan pelatihan pengolahan tepung Mocaf di Balkondes Desa Wringinputih Borobudur.

Ditambahkannya, pelatihan selain pengolahan tepung Mocaf juga meliputi repackaging. Diharapkan dengan kemasan yang menarik akan meningkatkan daya jual.

Sementara itu Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Wringinputih, Rizal Arif Windriatmoko mengatakan produksi singkong di Wringinputih sangat melimpah.

“UMKM Desa Wringinputih banyak yang mengandalkan produksi dari hasil singkong. Namun selama ini masih diolah secara sederhana, seperti ceriping. Produksi ceriping perhari mencapai 35 kg” terangnya. (Jar)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *