Kemenkumham Kalsel Siap Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia

 Kemenkumham Kalsel Siap Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia
Digiqole ad

Banjarmasin – Memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengikuti secara virtual Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur, Rabu (1/6).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Kalsel melalui kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP dan Siaran TV Nasional dari Aula Kantor Wilayah dan kediaman masing-masing pegawai.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menyampaikan bahwa di kota Ende yang sangat bersejarah ini Bung Karno, sang Proklamator kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara yang kemudian diwariskan bagi para penerus bangsa dan negara.

“Bapak ibu hadirin yang saya hormati, dari kota Ende ini saya mengajak seluruh anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucap Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo juga menyampaikan bahwa Pancasila bukan hanya telah mempersatukan Bangsa Indonesia, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa ini menghadapi tantangan dan berbagai ujian. “Hal ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa, bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila,” tegasnya.

Memaknai peringatan Hari Lahir Pancasila dan seturut dengan apa yang telah diamanatkan oleh Presiden, Lilik Sujandi selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan menjadikan momentum ini untuk meresmikan nama ruangan Aula Kantor Wilayah menjadi Balai Pertemuan Garuda.

“Peresmian nama ruangan Balai Pertemuan Garuda ini menjadi simbol yang akan selalu mengingatkan kita semua terhadap nilai-nilai Pancasila, agar kita selalu ingat dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” pungkas Lilik kepada para Pejabat Struktural Kanwil Kemenkumham Kalsel yang turut menyaksikan upacara Hari Lahir Pancasila dari Balai Pertemuan Garuda yang baru saja diresmikan tersebut.

Menggelorakan semangat untuk bangkit bersama dalam membangun peradaban dunia, kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai mulai dari Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, JFT, JFU, CPNS dan PPNPN mengikuti kegiatan Upacara Hari Lahir Pancasila secara virtual ini dengan mengenakan pakaian khas daerah yang ada di seluruh Indonesia.|My

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *