Kakanwil Kumham Kalsel Hadiri Pelepasan Kloter Pertama Jamaah Calon Haji Embarkasi Banjarmasin 

 Kakanwil Kumham Kalsel Hadiri Pelepasan Kloter Pertama Jamaah Calon Haji Embarkasi Banjarmasin 
Digiqole ad

Banjarmasin – Pelepasan sejumlah 360 calon jamaah haji yang tergabung di Embarkasi Banjarmasin (Asrama Haji Banjarmasin) berlangsung di jalan A. Yani Km. 28 Landasan Ulin Banjarbaru. Pelepasan kloter pertama yakni jemaah haji dari Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Banjar yang secara resmi dilepas oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Minggu (12/06).

Manunaikan ibadah haji menjadi idaman setiap umat muslim, terlebih semenjak pandemi Covid-19 pemberangkatan jamaah haji sempat tertunda selama 2 tahun, tentu saja hal ini semakin menambah kerinduan. Akhirnya keputusan pemerintah Arab Saudi untuk menerima tamu Allah disambut bahagia sekaligus haru para calon jamaah haji.

Hadir Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor (Paman Birin), Ketua DPRD Prov. Kalsel, Supian HK, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Pimpinan Garuda Indonesia Cabang Banjarmasin, GM Angkasa Pura I Cabang Banjarmasin, GM Angkasa Pura Cabang Banjarmasin, dan Kepala Kantor Kemenag Kab. Tabalong, Kab. Balangan dan Kab. Banjar.

Kegiatan yang dimulai dengan pemeriksaan barang para jamaah melalui alat X-ray dan pemeriksaan dokumen paspor oleh tim Kantor Imigrasi Banjarmasin. Diawali oleh laporan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, H. M. Thamrin melaporkan bahwa pada kloter pertama ini sejumlah 360 calon jamaah haji, 3 orang dinyatakan sakit sehingga tidak bisa diberangkatkan dan yang berangkat berjumlah 357 orang. “Secara keseluruhan, semua siap menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Dengan catatan, mereka yang masuk golongan risiko tinggi perlu menyiapkan obat-obatan yang diperlukan untuk menjaga kondisi tubuh,” ujarnya.

Sambutan sekaligus membuka dan melepas secara resmi oleh Gubernur Kalsel menyampaikan, “adanya kerinduan yang akan terjawab bagi kaum muslimin Provinsi Kalimantan Selatan untuk dapat menunaikan ibadah haji, begitu dalamnya rindu yang membuat hati bapak ibu sekalian pada hari ini akan diberangkatkan menuju tanah suci. Mudahan keberangkatan ini selamat sampai tujuan dan kembali dengam keadaan selamat dan menjadi haji yang mabrur”, ungkap Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Turut hadir Kepala Divisi Keimigrasian, Junita Sitorus dan Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto serta jajaran Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan.| My

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *