Dua Kali Peringati Dies Natalis, 2021 Tahun Istimewa Bagi UPNVJ

 Dua Kali Peringati Dies Natalis, 2021 Tahun Istimewa Bagi UPNVJ
Digiqole ad

JAKARTA – Dies Natalis ke-44 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), diselingi dengan acara mendoakan anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) yang meninggal dunia pada kegiatan pembaretan.

“Kita doakan mahasiswa yang meninggal mendahului kita, termasuk yang terakhir mahasiswi kita anggota Menwa,” kata Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan Dr. Prasetyo Hadi., MM., CFMP sebelum memulai orasi ilmiah, Dies Natalis ke-44 UPNVJ yang diadakan di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika UPNVJ, Selasa (30/11/2021).

Tahun 2021 menjadi tahun yang istimewa bagi UPNVJ, karena dua kali memperingati dies natalis, yaitu 7 Januari 2021 dan 30 November 2021. Dies natalis UPNVJ memang diubah dari 7 Januari menjadi 30 November.

Perubahan tersebut berdasarkan fakta sejarah penggunaan nama UPNVJ menggantikan nama Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional (PTPN) “Veteran” Cabang Jakarta.

Rektor UPNVJ Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA, CGOP saat membacakan pidato kinerja di Auditorium Bhineka tunggal Ika, Selasa (30/11/2021).

“Nama UPN Veteran Jakarta secara resmi pertama kali digunakan melalui keputusan Menteri Pertahanan No. Skep/1555/1977 yang mengubah nama PTPN ‘Veteran’ Cabang Jakarta menjadi UPN Veteran Jakarta sebagaimana kita gunakan saat ini,” kata Rektor UPNVJ Dr. Erna Hernawati., Ak., CPMA., CGOP., dalam pidatonya.

Dies Natalis ke-44 UPNVJ mengangkat tema “Better, Faster, be a WINNER”,  dalam hal ini mempertimbangkankan tantangan eksternal yang dihadapi perguruan tinggi saat ini.

Menurut Rektor, perguruan tinggi harus menjadi organisasi yang dinamis, responsif, adaptif, akseleratif dan menjadi rujukan inovasi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Terkait dengan kelembagaan, dapat saya sampaikan bahwa terhitung 29 Mei 2021 status pengelolaan UPNVJ berubah dari lembaga lingkup satuan kerja (Satker) menjadi lingkup pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) yang lebih mengutamakan pelayanan yang maksimal kepada stakeholder sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM)” jelasnya.

Rektor juga mengumumkan tentang penambahan serta usulan program studi baru yang telah disiapkan UPNVJ untuk rencana dalam waktu dekat ini antara lain S2 Akuntansi, S3 Ilmu Hukum, S1 Sains Informasi, S2 Ilmu Komunikasi, S2 Ilmu Politik, S2 Hubungan Internasional, S1 Siber Security dan S1 Rekayasa Multimedia

“UPNVJ telah melakukan permohonan pembukaan prodi baru S1-Fisioterapi FIKES, dan alhamdulillah persetujuan telah didapatkan melalui Kepmendikbud Nomor 409/E/O/2021 tanggal 22 September 2021 tentang izin pembukaan Prodi Sarjana Fisioterapi” ungkap Rektor.

Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan Dr. Prasetyo Hadi., MM., CFMP dalam membacakan orasi di Auditorium Bhineka tunggal Ika, Selasa (30/11/2021).

Program MBKM

Dalam bidang pendidikan, Rektor mengungkapkan tahun 2021 UPNVJ sudah melaksanakan dan memaksimalkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

UPNVJ juga mengalami peningkatan pada jumlah mahasiswa, jumlah peserta MBKM, kegiatan MBKM mandiri dan video pembelajaran yang diproduksi oleh dosen UPNVJ sendiri.

Sebagai upaya melaksanakan proyek kemanusiaan, UPNVJ juga berusaha membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dengan menggelar sentra vaksin yang bekerjasama dengan berbagai pihak yang antara lain Polda Metro Jaya, Kemendikbudristek, dan Puskesmas Cilandak.

Mengembangkan SDM

Berkaitan dengan perkembangan sumber daya manusia, UPNVJ terus berupaya untuk mengembangkan sumber daya dosen dan tenaga kependidikan yang ada agar dapat sejalan dengan target menjadi universitas unggul berkualitas internasional.

Peningkatan sumber daya manusia pada 2021 ada pada aspek jumlah guru besar, jumlah dosen S3, Dosen dengan studi lanjutan S3, dosen yang menguikuti hibah riset internasional berjumlah sembilan orang, dosen ikut hibah nonriset berjumlah 129 orang, dan dosen yang mengikuti MBKM dan sertifikasi tenaga pendidikan juga mengalami peningkatan.

Tidak hanya itu, UPNVJ juga mengalami peningkatan pada sarana dan prasarana dengan pembangunan Gedung Fakultas Kedokteran, penambahan kelas hibrid, penambahan dua laboraturium, dan penambahan luas tanah.

Rektor berharap peningkatan terus dilakukan dengan tidak hanya tanggung jawab beberapa bidang, tetapi merupakan tanggung jawab seluruh sivitas akademika UPNVJ.  (My)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *