DMI Fokus Perbaikan SDM

 DMI Fokus Perbaikan SDM
Digiqole ad

JAKARTA – Wakil Presiden yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menyebutkan, perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi pengurus masjid se Indonesia menjadi fokus DMI. Hal tersebut dilakukan agar menyelaraskan program DMI yang sebelumnya fokus pada perbaikan masjid.

“Fokus kerja Dewan Masjid Indonesia tahun ini adalah peningkatan kualitas pengurus masjid-masjid. Ini langkah ntuk menyelaraskan dengan program DMI sebelumnya yang tertuju pada perbaikan fisik masjid,” kata JK dalam Penutupan Rapat Kerja Nasional I DMI di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Seperti dikutip melalui menpan.go.id, perbaikan SDM para pengurus masjid se Indonesia akan dilakukan dengan pemberian sejumlah pelatihan, dimana sejumlah pelatihan yang diberikan mulai dari manajemen masjid, pengelolaan keuangan hingga pengelolaan perpustakaan masjid. Skema pelatihan adalah ‘dari masjid untuk masjid’.

JK juga menjelaskan, pelatihan yang dimaksud yakni dimana pengurus yang berhasil mengelola masjidnya akan diminta mengajarkan pengurus yang lain.

“Jika ada masjid yang memiliki sistem keuangan baik, dia akan mengajak. Masjid yang bagus perpustakaannya, maka masjid itu yang akan mengajak,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, pengembangan masjid sangat penting bagi umat Islam. Sebab, bagi mereka masjid selain tempat ibadah juga berfungsi menguatkan derajat.

Selain itu JK menyampaikan masjid juga bisa mengadakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Pendidikan Al Quran (TPA), dan membangun perpustakaan, sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat.

Ia menginginkan ada sinergi dan keseimbangan antara tiga hal yakni fisik masjid, pengurus, dan yang mengisinya (jemaah), tambahnya. (hms/van)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *