BANJARMASIN – Layanan kesehatan gratis yang digelar selama tiga hari yang berlangsung, 7-9 Februari 2020, mendapat sambutan masyarakat dari berbagai kalangan.

Bahkan sampai penutupan layanan kesehatan di O Kilometer, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan hari Minggu (9/2), tercatat 1.211 orang memanfaatkan layanan tersebut.

Layanan yang paling diminati warga adalah layanan kesehatan penyakit tidak menular (TPM) dan darah yang mencapai 459 orang, kemudian disusul layanan tes/pemeriksaan kebugaran yang mencapai 275 orang, dan kemudian disusul pelayanan pengobatan umum yang mencapai 230 orang.

Masyarakat datang ke tenda-tenda layanan kesehatan gratis yang diselenggarakan untuk merayakan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Kalimantan Selatan.

Dalam suasana hujan gerimis, warga tetap bertahan antre di tenda-tenda. Menurut catatan terakhir saat penutupan, masyarakat yang dilayani kesehatan gratis 1.211 orang.

Berdasarkan data, sebanyak 230 orang diantaranya dilayani di bagian pengobatan umum, 459 orang mendapat pemeriksaan di bagian penyakit tidak menular dan darah, 11 orang konsultasi dan pemeriksaan paru, 12 orang konsultasi anak, 22 orang pemeriksaan/konsultasi THT, 41 orang dilayani konsultasi dan pemeriksaan syaraf, 14 orang konsultasi jiwa/nafza, 133 orang mandapat pelayanan gigi dan mulut, 14 orang donor darah, dan 275 orang memanfaatkan tes/pemeriksaan kebugaran.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan HM. Muslim saat pembukaan pelayanan kesehatan gratis yang disertai hujan deras, mengharapkan warga memanfaatkan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan secara sinergi dengan rumah sakit-rumah sakit dan layanan kesehatan lainnya yang ada di Banjarmasin.

“Kami berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi mitra utama dalam kerja sama penyelenggaraan layanan kesehatan ini,” ungkap Direktur Kesejahteraan dan Pengabdian Masyarakat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang juga Ketua PWI Peduli Pusat M. Nasir. (rls/vn)

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar