Tingkatkan Skill Anggota, UMKM Binaan PLN Siap Hadapi Diversifikasi Produk

 Tingkatkan Skill Anggota, UMKM Binaan PLN Siap Hadapi Diversifikasi Produk

Sidoarjo – PT PLN (Persero) menggandeng Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) telah memberikan pelatihan kepada mitra binaannya, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sejahtera Desa Ngudi Punggul, Gedangan, Sidoarjo, Jawa Timur. Pelatihan yang digelar selama dua hari bertujuan untuk meningkatkan skill anggota koperasi tersebut.

14 anggota KUB Sejahtera yang hadir diberikan pelatihan mendesain, memotong dan menjahit daster, berbeda dengan proses yang dilakukan dalam memproduksi jilbab dan topi sekolah seperti yang selama ini dikerjakan. Anggota yang rata-rata adalah ibu rumah tangga ini sangat antusias mengikuti kegiatan bahkan rela membawa bayi selama kegiatan berlangsung. Keseriusan mereka terbukti dengan berhasilnya membuat daster sendiri selama pelatihan kilat tersebut.

Saat ini produksi utama KUB Sejahtera adalah jilbab dan topi sekolah. Pelatihan pembuatan daster ini memberikan pengalaman dan pengetahuan baru untuk para anggota KUB Sejahtera. Menurut Putri Windawati selaku koordinator, skill anggota telah meningkat dari yang awalnya belum dapat membuat daster menjadi dapat membuat daster sendiri.

“Membuat jilbab dan daster sangatlah berbeda, lebih sulit membuat daster , terutama di desain dan memotong mal. Tapi alhamdulillah jahitnya lumayan mudah karena sudah terbiasa. Saya senang sekali berhasil membuat daster sendiri” ungkap Putri.

Setelah diberikan pelatihan tersebut, para anggota KUB Sejahtera sudah mulai bisa dan terbiasa membuat daster untuk diri sendiri dan anggota keluarganya. Diharapkan untuk kedepannya, suatu saat nanti, KUB Sejahtera juga dapat memproduksi dan menjual pakaian kepada konsumen. Putri menambahkan bahwa kelompoknya juga memiliki harapan besar untuk dapat melakukan diversifikasi produk pakaian suatu hari nanti.

Wuri Baskoro, Manager PLN Unit Pelaksana Pengatur Beban Jawa Timur selaku penyelenggara program menuturkan bahwa PLN antusias mendukung pengembangan UMKM pasca pandemi Covid-19. Dan juga siap membantu dalam memasarkan produk-produk KUB Sejahtera secara tidak langsung.

“Kami gembira melihat mitra binaan mampu bertahan dari kelesuan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Pelatihan yang kami berikan adalah bukti bahwa kami mendukung penuh masyarakat agar memiliki keterampilan yang memadai. Semoga ke depannya KUB Sejahtera dapat melakukan diversifikasi produk tidak hanya untuk bertahan tapi juga untuk bertumbuh,” imbuhnya.|rls

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar