Seni Bela Diri Rangga Pamayung Kuningan, Siapkan Pesilat Berbakat

 Seni Bela Diri Rangga Pamayung Kuningan, Siapkan Pesilat Berbakat
Digiqole ad

RANGGA PAMAYUNG Cibingbin, merupakan Paguron Seni Bela Diri Rangga Pamayung. Seni bela diri pencak silat yang berpusat di Kecamatan Cibingbin, Kabupaten Kuningan.

Perguruan Pencak Silat ini memiliki murid yang tidak sedikit jumlahnya. Namun pada Minggu pagi (31/10/2021) digelar ujian kenaikan tingkat (sabuk) bagi 170 pesilat, baik itu dari tingkat dasar sampai sabuk hitam.

Menurut pendiri Paguron Seni Bela Diri Rangga Pamayung, Syaifudin dengan di gelarnya ujian kenaikan tingkat ini, di harapkan semakin banyak atlet Rangga Pamayung yang siap untuk mengikuti kejuaraan disemua tingkatan.

Seluruh anggota Paguron Seni Bela Diri Rangga Pamayung, saat diberikan arahan oleh Dewan Guru.

“Disini kita mencari atlet yang memiliki talenta, serta siap untuk dilatih begitu keras,” ujarnya.

Lebih jauh Syaifudin menjelaskan, selama pandemi Covid 19, Paguron Seni Bela Diri Rangga Pamayung tidak memiliki kegiatan, bahkan dalam satu tahun.

“Alhamdulillah untuk saat ini kita kembali ke Kurikulum, jadi peraturan yang sudah ditetapkan bahwa ujian para pesilat menjalani kenaikan tingkat setiap enam bulan sekali,” katanya.

Kegiatan ujian ini dilakukan selama enam bulan sekali atau setahun dua kali ini, mereka juga mempelajari seni olah pernafasan.

“Sebab dalam silat itu harus mengandung unsur, adanya seni, ada olahraganya dan bela dirinya,” jelas Syaifudin.

Hal yang sana juga disampakan Dewan Guru Pencak Silat Rangga Pamayung Mulyadi, ujian kenaikan tingkat ini untuk mencoba kemampuan dan mental para anggota melalui kenaikan sabuk.

Anggota Seni Bela Diri Rangga Pamayung mengikuti latihan.

“Sabuk yang dipakai para anggota ini merupakan simbol dari mulai perkenalan Seni Bela Diri Rangga Pamayung, sampai para pesilat tersebut mendapatkan berbagai ilmu,” ungkspnya.

Pengurus PSB Pencak Silat Rangga Pamayung, Subhan juga menjelaskan, ujian kenaikan tingkat ini nantinya diharapkan dapat menciptakan banyak atlet dari Rangga Pamayung, yang siap menghadapi kejuaraan di semua tingkat, khususnya di Kabupaten Kuningan.

“Pencarian atlet bertalenta di Paguron Seni Bela Diri Rangga Pamayung, nantinya akan dilatih dengan keras, sehingga dapat memunculkan atlet pencak silat yang siap turun di arena,” paparnya .

Kita berharap Perguruan Rangga Pamayung ini, semakin banyak atlet yang nantinya dapat mengikuti kejuaraan, baik itu ditingkat Kabupaten maupun nasional. Apalagi sudah banyak bibit-bibit atlet yang kita latih hingga saat ini, tambah Subhan. (My)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *