Rektor UPNVJ Minta Mahasiswa Baru Manfaatkan Waktu di Kampus

 Rektor UPNVJ Minta Mahasiswa Baru Manfaatkan Waktu di Kampus
Digiqole ad

JAKARTA – Rektor Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA, CGOP meminta mahasiswa baru untuk memanfaatkan waktu yang tidak lama di kampus untuk mengumpulkan rekam jejak, kompetensi, dan kemampuan yang bisa dimanfaatkan setelah lulus.

“Tantangan mahasiswa baru saat ini bisa dikatakan sangat berat. Perubahan di era revolusi industri 4.0 saja sudah cukup berat, ditambah pandemi Covid-19 yang mendorong perubahan yang lebih revolusioner,” kata Erna di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Ia menjelaskan, masa kuliah di perguruan tinggi adalah waktu yang singkat. Mahasiswa harus dapat memanfaatkan waktu yang singkat itu untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan serta menambah rekam jejak melalui berbagai sumber secara mandiri.

Apalagi, mahasiswa baru UPNVJ lahir dari seleksi yang ketat sehingga bisa dipastikan memiliki kepandaian dan kemampuan di atas rata-rata. Kemampuan dan kepandaian tersebut harus terus diasah selama menempuh pendidikan di UPNVJ.

“Rekam jejak, kompetensi, dan kemampuan akan membuat mahasiswa siap untuk bersaing setelah lulus. Setelah lulus tidak hanya indeks prestasi kumulatif saja yang dilihat, tetapi juga apa saja yang sudah dilakukan mahasiswa selama menempuh pendidikan,” tuturnya.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 UPNVJ akan dimulai Rabu (11/8/2021).

Erna menyebutkan, panitia telah merancang acara yang dilaksanakan secara daring tersebut untuk secara menarik agar mahasiswa tidak bosan.

“Semua materi dan acara dirancang untuk mahasiswa baru. Saya harap mahasiswa baru bisa menikmati. Tantangan PKKMB secara daring adalah rebahan di rumah lebih enak, tetapi panitia sudah merancang materi yang menarik dengan narasumber yang tidak membosankan,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. dr. Ria Maria Theresa, Sp.KJ, MH mengatakan panitia PKKMB 2021 telah menyiapkan materi dan acara, baik yang direkam maupun secara langsung yang bisa lebih interaktif.

“Awalnya kami merencanakan PKKMB 2021 akan dilakukan secara hibrid, tetapi tidak memungkinkan karena penambahan kasus Covid-19 dan kebijakan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat dari pemerintah,” jelasnya.

Lanjutnya kemeriahan acara PKKMB tentu berbeda bila dibandingkan acara secara daring. Namun, dia berharap mahasiswa baru bisa tetap bergembira dan mendapatkan banyak teman meskipun PKKMB dilaksanakan secara daring.

Menurut Ria, panita telah merancang materi dan acara yang menarik dengan menghadirkan narasumber yang dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa baru. Salah satu narasumber yang dihadirkan adalah mahasiswa berprestasi dari UPNVJ.

“Mahasiswa berprestasi ini dihadirkan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa baru bahwa prestasi bisa tetap diraih meskipun harus berkuliah secara daring akibat pandemi Covid-19,” tuturnya.

Dikatakanya, PKKMB 2021 akan diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk berbagai macam lomba dengan hadiah yang menarik untuk mahasiswa baru.

Karya-karya terbaik mahasiswa baru, baik yang berupa tulisan maupun foto juga akan dihimpun dan diterbitkan dalam bentuk buku.

“Kami berharap semua mahasiswa baru mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir. Materi yang diberikan selama PKKMB akan bermanfaat selama kuliah maupun untuk kegiatan lain di luar kampus,” tambahnya. (Hms/Ek)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *