Rapatkan Barisan, Timpora Banjarmasin dan Batola Bersinergi

 Rapatkan Barisan, Timpora Banjarmasin dan Batola Bersinergi

Banjarmasin – Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) untuk wilayah Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala kembali menggelar Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Swissbell Hotel Banjarmasin, Selasa (11/10). Gelar kegiatan ini dalam rangka menjalankan fungsi penegakkan hukum, keamanan negara dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat yang diamanatkan pada UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian melalui pengawasan keberadaan orang asing.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi, Walikota Banjarmasin yang diwakili oleh Staf Ahli Hukum, Politik dan Pemerintahan Pemko Banjarmasin, H.M. Muhyar, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel, Junita Sitorus, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Sahat Pasaribu, jajaran TNI, POLRI, BIN, BNN, Kejaksaan, Bea Cukai, Kesbangpol, Kemenag, Lapas, Rutan, dan Dinas serta Instansi terkait yang menjadi bagian dari stakeholder dalam rangka pengawasan orang asing di Banjarmasin dan Batola.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi yang membuka secara langsung pada kegiatan ini menyampaikan bahwa sinergi antar instansi menjadi sangat penting untuk memastikan pengawasan orang asing di wilayah Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala berjalan dengan baik.

“Rapat Koordinasi Timpora, menjadi sangat penting guna memastikan amanat UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dalam rangka memberikan pelayanan keimigrasian serta penegakkan hukum berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Kakanwil juga menghimbau melalui Timpora juga dapat memastikan agar keberadaan orang asing di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala dapat memberi kebermanfaatan secara sosial ekonomi dan politik.

“Wilayah Indonesia yang adalah kepulauan dan didominasi daerah perairan menyebabkan banyaknya celah untuk masuknya orang asing secara ilegal, karenanya perencanaan dan tindakan bersama dalam hal pengawasan orang asing menjadi sangat penting dari bebagai lintas instansi,” tambahnya.

Senada dengan hal itu Staf Ahli Hukum, Politik dan Pemerintahan Pemko Banjarmasin, H.M. Muhyar yang mewakili Walikota Banjarmasin dalam sambutannya menyampaikan pentingnya sinergi lintas instansi dalam rangka menjaga kedaulatan bangsa melalui pengawasan orang asing.

Junita Sitorus selaku Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalsel juga menuturkan bahwa selain dalam hal pengawasan orang asing sinergi yang baik juga telah dilakukan jajarannya dalam hal pelayanan keimigrasian.
“Komitmen pelayanan prima terus kami gaungkan melalui berbagai layanan seperti Eazy Passport dan Paspor Masuk Desa yang melakukan pelayanan sistem jemput bola untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat,” terang Junita.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan lebih dalam oleh pemateri dan peserta Rapat Koordinasi Timpora Tingkat Kabupaten/Kota dan Kecamatan Se-Kabupaten Barito Kuala dan Kota Banjarmasin Tahun Anggaran 2022 yang berjalan dengan baik dan lancar.|My

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *