Meriahkan HDKD Ke-77, Kanwil Kemenkumham Kalsel Gelar Donor Darah

 Meriahkan HDKD Ke-77, Kanwil Kemenkumham Kalsel Gelar Donor Darah
Digiqole ad

Banjarmasin – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan bersama dengan UPT Pemasyarakatan dan UPT Imigrasi se-Banjar Raya, selenggarakan donor darah yang merupakan rangkaian kegiatan Hari Dharma Karya Dhika yang ke-77, Kamis (28/07) di Gedung Serba Guna Kemenkumham Kalsel.

Antusias peserta pada kegiatan donor darah terlihat sangat tinggi, mulai dari pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala UPT, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, JFT, JFU, CPNS, PPNPN baik yang berasal dari Kanwil atau UPT Pemasyarakatan dan UPT Imigrasi, yang tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Peserta terlebih dahulu mengisi formulir kemudian dilakukan observasi oleh petugas medis dengan melakukan pemeriksaan dan wawancara kepada calon pendonor.

Pemeriksanaan dilakukan oleh petugas dari Palang Merah Indonesia Banjarmasin terkait tekanan darah dan Hb darah. Pendonor yang dinyatakan memenuhi persyaratan dapat dilakukan transfusi darah yang dibantu oleh 4 petugas dengan tersedia 8 kasur/matras untuk pendonor.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi meliha langsung  jalannya proses donor darah.

“Aksi donor darah untuk memeriahkan Hari Dharma Karya Dhika yang Ke-77, diharapkan dengan diselenggarakannya kegiatan donor darah, akan meningkatkan kepedulian sosial yang akan bermanfaat untuk menolong sesama,” ujar Lilik.

Kepala Divisi Administrasi, Rifqi Adrian Kriswanto menympaikan bahwa kegiatan donor darah secara nasional dilaksanakan oleh Kantor Wilayah dalam menyambut HDKD Ke-77 Tahun 2022 dan membentuk kepedulian terhadap sesama.

“Di Provinsi Kalimantan Selatan, kegiatan donor darah dilaksanakan di Kanwil Kemenkumham Kalsel dan di Kotabaru pada momentum HDKD ke-77 dan Kanwil Kemenkumham Kalsel akan menjadwalkan secara rutin kegiatan serupa untuk menjaga kesehatan jajaran pegawai Kemenkumham Kalimantan Selatan, meningkatkan kepedulian jajaran pegawai Kemenkumham terhadap masyarakat sekaligus membantu pemenuhan kantong darah PMI di Kota Banjarmasin,” jelas Rifqi.

Sebanyak 121 pegawai yang melakukan pemeriksaan, terdapat 23 pegawai yang tidak dapat melakukan donor darah dikarenakan tekanan darah yang tinggi/rendah dan Hb yang belum sesuai persyaratan.

Hasil dari donor darah, terkumpul sejumlah 98 kantong darah, yang terdiri dari golongan darah A, golongan darah B, golongan darah AB dan golongan darah O.

Unit donor darah PMI Kota Banjarmasin sangat mengapresiasi atas terkumpulnya sejumlah kantong darah pada donor darah yang dilaksanakan di Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Aksi sosial ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat meski secara tidak langsung, terutama bagi mereka yang membutuhkan tranfusi darah.|My

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *