Menteri ATR/Kepala BPN Minta SDM Terus Meningkatkan Kualitas Pelayanan 

 Menteri ATR/Kepala BPN Minta SDM Terus Meningkatkan Kualitas Pelayanan 
Digiqole ad

JAKARTA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil melakukan kunjungan ke Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Kota Administrasi Jakarta Utara dalam rangka meninjau peningkatan layanan pertanahan pada Selasa (07/09/2021).

Turut mendampingi, Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan Teknologi Informasi, Della R. Abdullah; dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Dwi Budi Martono.

Dalam kesempatan ini, Menteri ATR/Kepala BPN berkesempatan menyapa pemohon dan melakukan komunikasi secara langsung kepada pemohon bahwa Kementerian ATR/BPN terus melakukan pembenahan dari segi kualitas pelayanan, produk maupun SDM sehingga ATR/BPN kini sudah jauh lebih baik. Pembenahan tersebut juga diterapkan di Kanwil BPN Provinsi hingga Kantor Pertanahan di seluruh Kabupaten/Kota.

“Kita melihat perbaikan yang sudah dilakukan di DKI Jakarta pada umumnya, dengan melihat kedua Kantor Pertanahan yaitu Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Terutama adalah langkah bagaimana mendigitalisasikan semua dokumen pertanahan sehingga ke depan dan suatu saat nanti layanan digital kita menjadi lebih baik,” kata Sofyan A. Djalil dalam kunjungannya di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara.

Lebih lanjut Menteri ATR/Kepala BPN menuturkan dengan diterapkannya digitalisasi layanan pertanahan, nantinya akan mengurangi antrean yang ada di Kantor Pertanahan sekaligus juga mendukung pembatasan di era pandemi Covid-19. “Saya bisa bilang BPN sudah jauh lebih baik pelayanan sudah lebih pasti, masyarakat sudah jauh lebih terlayani dengan baik. Antrean sudah banyak yang berkurang itu terjadi di berbagai Kantor Pertanahan,” tuturnya.

Sofyan A. Djalil juga mendorong agar Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Kantor Pertanahan dan tidak kalah penting kualitas personal. “Untuk SDM memang selama ini kita masih banyak pegawai yang statusnya kontrak, namun kita selalu dorong semua pegawai tersebut untuk mengikuti seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) supaya mereka memiliki karir dan masa depan yang lebih baik lagi,” imbuhnya.

Menteri ATR/Kepala BPN dalam kesempatan ini juga melihat secara langsung efektivitas penggunaan aplikasi Jakarta Satu, di mana terdapat integrasi data berupa peta dan kebijakan yang merupakan hasil kerja sama antara kementerian lembaga, yang salah satunya Kementerian ATR/BPN, dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Di samping itu, ia juga meninjau penerapan aplikasi Komputerisasi Kegiatan Pertanahan (KKP) yang merupakan aplikasi yang menaungi seluruh layanan di Kementerian ATR/BPN. (Hms /Tr)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *