Mahasiswa Baru UMBY Diharapkan Bisa Memahami Tata Krama Yogyakarta

 Mahasiswa Baru UMBY Diharapkan Bisa Memahami Tata Krama Yogyakarta
Digiqole ad

BANTUL – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) hari ke 2 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) terasa istimewa. Pasalnya, mahasiswa baru yang nantinya akan tinggal di Yogykarta diberi bekal dengan pengenalan budaya dan tata krama Subasita Yogyakarta.

“Mahasiswa baru yang datang dari Sabang hingga Merauke, perlu dikenalkan tentang budaya dan tata krama subasita Yogyakarta. Sehingga ketika mereka berada di Yogyakarta tidak mengalami culture shock” pematei PKKMB UMBY, Annas Fitri Sa’adah, dalam releasenya, Kamis (9/9/2021).

Subasita, jelasnya, merupakan etika, dalam bahasa jawa artinya unggah-ungguh. Dimana masyarakat Yogyakarta masih menjunjung tinggi tata krama,

Ditambahkannya, subasita ala Yogyakarta perlu diperhatikan dan dipraktekan. Karena etika tersebut akan membentuk image seseorang.

Selain hal di atas, PKKMB hari ke-2 juga dipaparkan mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Ainurizan Ridho mengatakan MBKM memfasilitasi hak belajar di luar kampus. Dimana mahasiswa harus siap dengan pesatnya perkembangan teknologi.

“Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun semakin canggih. Mahasiswa harus siap menghadapi dan jangan sampai ketinggalan” pungkasnya.(njar)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *