Indra Gunawan: Nilai Berita Mampu Ubah Persepsi BPN 

 Indra Gunawan: Nilai Berita Mampu Ubah Persepsi BPN 

BANDUNG – Nilai berita mampu mengubah perspektif masyarakat terlebih disertai data akurat dalam mendukung program dan kinerja di lingkup Kementerian ATR BPN, Kanwil, Kabupaten dan Kota.

Pesan ini disampaikan Indra Gunawan, sebagai keynote speech “Pelatihan Jurnalistik” yang berlangsung di Grand Mercure, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 1 Agustus 2023.

“Jangan takut menyampaikan informasi atau rilis dari Kantah masing-masing. Ayo publis berita pada kanal masing-masing. Sajikan semenarik mungkin,” ujar Indra Gunawan Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian ATR BPN Periode 2020-2022.

Dengan bahasa lunak dan mudah dicerna, lanjut Indra Gunwan, BPN bisa memberi edukasi masyarakat.

“Manfaatnya agar terbangun perspektif publik,” ujar Kepala BPN Kota Depok itu.

Terkait dengan mindset pemimpin, atau kepala kantor yang selalu bermain ‘aman’ terhadap konten yang disajikan, Indra meminta rekan-rekan humas mampu memberikan penjelasan.

“Ya, harus dijelaskan dengan jernih, tervalidasi. Saya juga begitu, saat akan memainkan konten yang sedikit ‘bergelombang’ sering disentil pimpinan. Wah itu biasa,” imbuhnya.

Dengan memberikan penjelasan terhadap sudut pandang positif kepada pimpinan secara detail, rinci terhadap naskah atau rilis yang sedikit ‘nakal’ diyakini akan merangsang masyarakat untuk membaca.

“Bukannya ngajarin pimpinan ya, tapi memberikan penjelasan. Kalau pesannya sampai, tentu bermanfaat untuk citra kantah masing-masing. Dengan demikian pesan itu sampai ke masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha, Kanwil BPN Jawa Barat Epha Mariana mengatakan pelatihan jurnalistik kali ini bermanfaat bagi setiap kantah dalam menyajikan informasi yang dibuat.

“Terus terang saya senang sekali dengan kegiatan ini. Saya berterima kasih, seharusnya inisiatif ada di kami, yang pasti ini adalah awal yang baik,” ujar Epha Mariana.

Ditambahkan Epha, kekuatan pesan dari informasi yang disajikan masing-masing kantah, akan meningkatkan kepercayaan publik sejalan dengan UU No 32 Tahun 2021 tentang Layanan Publik.

“Terima kasih, Pak Indra dan pemateri lainnya. Sharing ilmu hari ini menambah wawasan dan semangat kita membangun citra BPN untuk menyampaikan informasi,” imbuhnya.

BPN sambung Epha Mariana, sudah memiliki pedoman, termasuk penguatan strategi, edukasi dan kali ini dari sisi jurnalistik.

Membangun narasi, memiliki skil mengemas berita positif dan memberi edukasi termasuk mampu meng-counter isu sangat kita butuhkan di setiap Kantah.

“Sekali lagi pelatihan dan materi informasi dari pelatihan jurnalistik hari ini sangat bermanfaat.

Adanya deviasi data atau isu negatif bisa kita selesaikan. Nanti akan kita tularkan agar kita memiliki ilmu jurnalistik yang baik,” paparnya. | Rls

Berita Terkait