IMC Discussion Series #20 Bahas Optimalisasi Tol Laut Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia 2045

 IMC Discussion Series #20 Bahas Optimalisasi Tol Laut Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia 2045
Digiqole ad

JAKARTA – Tol Laut adalah konsep penyediaan sistem distrubusi logistik yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo. Program ini bertujuan untuk  menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara (konektivitas).

Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok. Selain hal itu, pemerataan harga Logistik setiap barang di seluruh wilayah Indonesia.

Harga transportasi dan biaya logistik diharapkan lebih murah, dan akhirnya kita harapkan harga-harga akan turun dan tidak terjadi disparitas harga antara wilayah di Indonesia.

Namun bagaimana  kenyataannya program ini dijalankan di lapangan? Apakah implementasi program tol laut saat ini sudah optimal dan mencapai tujuan? Apa saja tantangannya dan hal-hal yang harus dibenahi?

Myshipgo melaui forum diskusinya, Indonesia Maritime Club (IMC) kembali hadir di Edisi ke 20 dengan topik: Optimalisasi Tol Laut Menuju Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia 2045

Diskusi via zoom tsb akan diselenggarakan pada hari Rabu, 7 Oktober 2020 Pukul 10.00 WIB, dengan narasumber, Keynote Speaker: Ir Agus H Purnomo MM Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan

Selanjutnya, Dr. Capt Antoni Arif Priadi, M.Sc Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, serta Prasetyadi Direktur Utama Pelindo IV

“Sektor maritim, kelautan dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan (17000 ++ pulau) yang 2/3 wilayahnya terdiri dari laut.

Myshipgo menggagas forum diskusi ini untuk dapat memberikan manfaat dan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan, pencerahan, serta edukasi di sektor maritim,kelautan,logistik dan juga teknologi informasi/digitalisasi.

Selain itu, myshipgo berharap dapat “merangkul” para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk bangkit dari situasi pandemi covid 19 ini demi memajukan Indonesia,” ujar Harlin E. Rahardjo, CEO dan Cofounder myshipgo

“Konsep Tol Laut yang dicetuskan Bpk Presiden RI Joko Widodo sangat baik namun pada implementasinya masih ada hal2 yg harus dibenahi dan disempurnakan. Apabila Tol Laut ini dapat dioptimalisasikan, maka dapat mendukung cita2 Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia 2045. Semoga pemaparan para narasumber dan hasil diskusi dapat menjadi masukan dan juga bermanfaat bagi seluruh stakeholder.” tambah Harlin.

“Selain para narasumber tersebut, ada bbrp pelaku/praktisi pelayaran dan logistik juga  yang akan berbagi pengetahuan dan  pengalaman yang akan memperkaya diskusi di IMC 20 ini, “ ungkap Dony Ari Nugroho, Moderator IMC dan cofounder Myshipgo.

Forum Diskusi Virtual Indonesia Maritime Club yg sudah memasuki edisi ke 20 dan akan hadir setiap 2 minggu sekali di hari Rabu dengan topik2 yg menarik dan narasumber2 yang kredibel.

Pendaftaran melalui link di bit.ly/myshipgo_imc20 atau WA di +62 819 056 049 99.[]

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *