Ikut Kerja Bakti, Lurah Karet Kuningan : Kita Harus Peduli Dengan Kebersihan Lingkungan

Digiqole ad

JAKARTA – Kerja bakti warga RT 14/RW 04 Kelurahan Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan membersihkan area makam diatas tanah Wakaf Masjid Roudhotul Falah, Guru H. Ismail.

Kegiatan kerja bakti ini berlangsung, Sabtu, (02/10/2021), dihadiri Lurah Karet Kuningan, Istambul Afrikana,S.Sos.,M.M.

Lurah Karet Kuningan bukan saja hadir dalam kegiatan tersebut, namun ia juga langsung ikut membersihkan
Makam tanah wakaf yang berada persis ditengah-tengah pemukiman padat penduduk, di daerah Pedurenan Masjid IV, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Giat Kerja Bakti membersihkan makam yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB, dimana Karang Taruna dan warga datang dengan membawa sapu lidi, pengki dan sejumlah kantong sampah.

Istambul Afrikana mengungkapkan, kerja bakti bersih-bersih makam ini gagasan dari adik-adik Karang Taruna RW 04.

“Jadi kerja bakti ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Kalau kerja bakti seperti biasanya pasti banyak melibatkan warga. Untuk menghindari kerumunan, kami berdiskusi bersama ketua RT, RW, FKDM, LMK dan beberapa pemuda Karang Taruna, sepakat untuk kerja bakti di area makam saja,” paparnya.

Lanjutnya, memasuki musim penghujan, ia mengingatkan warganya untuk peduli membersihkan lingkungan masing-masing, terutama selokan dan saluran air yang berada didekat rumah, agar saat hujan tidak ada lagi sumbatan dan tidak terjadi genangan air, ungkapnya.

Secara Rutin

Sementara itu, Ketua Rukun Warga (RW) 04, Kelurahan Karet Kuningan, Wardjoko, SH mengatakan kegiatan kerja bakti dimakam ini, sebenarnya sudah dilakukan secara rutin.

Namun sejak awal pandemi Covid-19 makam wakaf ini belum sempat dibersihkan lagi, karena menghindari kerumunan serta mencegah penularan Covid 19.

Setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 dan Kelurahan Karet Kuningan, berada di zona hijau Covid-19 maka Warjoko pun memberikan ijin dan ikut bekerja bakti mendukung program Karang Taruna di wilayahnya.

“Membersihkan makam ini rutin. Namun sejak awal pandemi Covid-19 makam wakaf ini belum sempat dibersihkan lagi karena untuk menghindari kerumunan dan mencegah penularan virus corona,” tutur Wardjoko.

Senada dengan ketua RW, ketua Rukun Tetangga (RT) 14, M. Ali menyebutkan, kerja bakti warga dan karang taruna di wilayahnya merupakan agenda rutin agar lingkungan sekitar pemakaman menjadi lebih terawat.

Tak hanya itu kegiatan gotong royong dan kegiatan bersama seperti kegiatan keagamaan juga kita lakukan.

“Saya sebagai ketua RT berharap dengan adanya kegiatan kerja bakti ini silaturahmi antar-warga lebih terus terjalin, selalu kompak di lingkungan rumah,” tambah M. Ali.

Begitu pula Ketua Karang Taruna unit 04, M. Sukron Hamdi S. Hi mengucapkan terima kasih atas apresiasi Lurah Karet Kuningan, Istambul Afrikana yang ikut kerja bakti bersama warga RW 04.

lanjutnya, untuk kedepannya unit Karang Taruna yang dipimpinnya itu akan menjadi lebih semangat dalam melakukan program kegiatan sosial masyarakat, mengingat Lurah Istambul Afrikana merupakan mantan kader Karang Taruna.

“Alhamdulillah, Lurah Istambul Afrikana merupakan mantan kader Karang Taruna. Sehingga kami lebih semangat lagi untuk melakukan kerjasama dengan pihak kelurahan Karet Kuningan untuk menjalankan program kegiatan sosial masyarakat. sehingga pemuda dan Karang Taruna di RW 04 lebih kreatif dan produktif dalam berkarya,” tambah Sukron Hamdi, yang juga alumnus kampus Attahiriyah, Jakarta ini. (My)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *