Emrus Sihombing Akui Kehebatan Airlangga

 Emrus Sihombing Akui Kehebatan Airlangga
Digiqole ad

JAKARTA–Pakar komunikasi politik Emrus Sihombing mengakui harus kembali memuji kehebatan Airlangga Hartarto. Ketua Umum Partai Golkar yang juga Menko Perekonomian itu, Airlangga Hartarto, disebut Emrus Sihombing semakin menunjukkan kinerja keberhasilannya yang luar biasa.

“Lagi-lagi saya harus bilang, hebat kau, Airlangga,” ujar Emrus Sihombing kepada media, Senin (31/10/2022).

Komunikolog dari Universitas Pelita Harapan (UPH), Karawaci, itu, mengapresiasi hasil lawatan Airlangga Hartarto selaku Menko Perekonomian ke Washington dan New York, AS, pekan lalu. Emrus menyebut, Airlangga Hartarto sukses luar biasa dalam menjalankan misinya, termasuk dengan diterima langsung oleh Sekjen PBB Antonio Guterres, Rabu lalu di Markas Besar PBB di New York.

“Tidak semua tokoh atau pemimpin pemerintahan yang bisa diterima langsung oleh Sekjen PBB karena berimplikasi besar. Kenapa Airlangga Hartarto bisa diterima dengan baik? Tentu karena PBB sebagai institusi besar dan sekjen PBB yang kharismatis memiliki penilaian sendiri tentang Airlangga Hartarto, baik sebagai pemimpin partai dan seorang menko yang sangat dipercaya oleh Presiden Jokowi,” papar Emrus Sihombing.

Emrus menilai misi Airlangga Hartarto ke AS sangat sukses, karena mendapat dukungan untuk keseluruhan program yang disampaikan. Dukungan tersebut tidak hanya dari kalangan swasta akan tetapi juga pemerintahan.

“Itu semua membuktikan kemampuan luar biasa Airlangga Hartarto dalam melakukan lobi-lobi dan meyakinkan orang atau lembaga yang dihadapinya. Kita tahu, tidak mudah bicara bisnis dan ekonomi dengan para pejabat AS, tetapi Airlangga Hartarto mampu melakukan perannya dengan baik. Itu tentunya juga karena pengalamannya yang panjang di pemerintahan maupun dari aspek kepemimpinannya di Partai Golkar,” jelas Emrus Sihombing.

Dalam konteks itu pula Emrus Sihombing setuju “1000 persen” dengan pernyataan Presiden Joko Widodo yang memuji Airlangga Hartarto sebagai pemimpin yang kinerjanya baik dengan jam terbang tinggi.

“Dalam skala 1 sampai 1000 persen, saya 1000 persen setuju dengan pernyataan itu,” tegas Emrus.

“Banyak buktinya, dari keberhasilan. penanganan pandemi Covid-19, sampai bagaimana perekonomian negara kita terus tumbuh, sementara ada negara maju di Eropa yang kesulitan ekonomi,” jelas Emrus.

Pengajar Pascasarjana UPH ini menilai Airlangga Hartarto sebagai figur yang cerdas, pandai meyakinkan orang berdasarkan pendekatan data dan permodelan, tidak sekadar asal bicara.

“Intinya, Airlangga Hartarto ini benar-benar sosok yang berkualitas. Inilah sebenarnya tokoh yang dibutuhkan negeri ini, bukan yang sekadar popular dan tinggi elektabilitasnya,” kata Emrus.

Dia menyesalkan terus menerus dilakukannya “manipulasi persepsi” di ruang publik, di mana masyarakat dicecoki hasil lembaga survei yang menokohkan seseorang berdasarkan dari tingkat popularitas dan elektabilitasnya.

“Sorry to say, ruang publik kita selama ini sudah dipermainkan oleh berbagai lembaga survei. Saya lihat Airlangga Hartarto tidak terpengaruh oleh hal itu. Prinsipnya, dia fokus bekerja, melaksanakan amanat presiden, berupaya maksimal meningkatkan ekonomi masyarakat dan perekonomian negara. Bagi saya itu yang jauh lebih penting dibanding melakukan pencitraan untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas di survei,” papar Emrus Sihombing.***

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *