Bakrie Amanah dan Yatim Mandiri Resmikan Hunian untuk Penyintas Erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang

 Bakrie Amanah dan Yatim Mandiri Resmikan Hunian untuk Penyintas Erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang

LUMAJANG-Bakrie Amanah bersama Yatim Mandiri melakukan peresmian hunian sementara tahap kedua untuk penyintas erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim, Selasa (30/8/2022). Sebanyak 31 rumah dibangun di kawasan relokasi yang berada di Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jatim. Pembangunan rumah di kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru pada akhir 2021 tersebut dilakukan melalui program bantuan Rumah Bakrie untuk Negeri, mewujudkan komitmen Bakrie Amanah untuk berkontribusi dalam penanggunalangan mitigasi bencana.

Seremoni peresmian hunian sementara tahap kedua dihadiri langsung oleh General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan, Hendy Nurrokhmansyah selaku Direktur Program Yatim Mandiri, serta Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono.

Setiadi Ihsan dalam sambutannya di acara peresmian menjelaskan bahwa hunian sementara di tahap kedua ini sebagai salah satu bentuk dukungan Kelompok Usaha Bakrie kepada masyarakat terdampak bencana.

“Pada Juni 2022 lalu Bakrie Amanah dan Yatim Mandiri telah meresmikan sebanyak 10 rumah tahap pertama. Sekarang hunian sementara tahap kedua sudah siap dihuni,” kata Setiadi Ihsan.

Disampaikan oleh Setiadi Ihsan, bentuk komitmen yang dilakukan Bakrie Amanah bukan hanya program-program charity. Bakrie Amanah juga rutin mengirimkan tim responnya dalam penanggulangan bencana.

“Pada awal erupsi tim kami juga hadir di Kecamatan Candipuro ini. Kita memiliki wilayah pemberdayaan yang kita sebut Kampung Makmur Bakrie Amanah. Itu ada di Lombok, yang juga merupakan salah satu wilayah penyintas bencana. Kami hadir disana untuk mendukung peningkatan ekonomi dan juga semangat pada masyarakatnya,” papar Setiadi Ihsan.

Setiadi Ihsan mengharapkan kawasan relokasi tempat hunian sementara penyintas erupsi Gunung Semeru ini juga bisa menjadi salah satu kawasan pemberdayaan terpadu seperti yang sudah dilakukan Bakrie Amanah di Lombok, NTB.

Direktur Program Yatim Mandiri, Hendy Nurrokhmansyah mengatakan bahwa bantuan hunian sementara untuk penyintas bencana APG Semeru ini merupakan salahsatu wujud program recovery bencana oleh Yatim Mandiri. Yatim Mandiri juga memberikan dukungan berupa bantuan pemberdayaan ekonomi untuk kembali menghidupkan perekonomian para penyintas dan keluarga yang dibantu, sehingga mereka bisa kembali menjalankan kehidupan secara normal.

Menurut keterangan Sekda Kabupaten Lumajang, Agus Triyono, secara keseluruhan ada 1320 unit hunian sementara yang dibangun untuk penyintas erupsi Gunung Semeru ini. Dari jumlah itu, sebanyak 631 unit masih dalam proses pengerjaan.

Hunian sementara dari Bakrie Amanah dan Yatim Mandiri dibangun di atas tanah relokasi yang telah diatur oleh kementrian PUPR sehingga peta lokasi titik sebaran rumah– rumah tersebut tertata rapih, dengan drainase dan instalasi listrik.

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *