Andikpas LPKA Martapura Persami Bersama Pramuka Kabupaten Banjar

 Andikpas LPKA Martapura Persami Bersama Pramuka Kabupaten Banjar
Digiqole ad

Banjar – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan gelar kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu yang biasa dikenal dengan Persami.

Persami ini bukan untuk pegawai melainkan para Warga Binaan Pemasyarakatan yang masih dibawah umur, yang kini akrab disebut Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas). Persami lebih tepatnya dilaksanakan oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Martapura (LPKA Martapura) dengan mengikutsertakan organisasi kepramukaan pada Sekolah Menengah Atas sederajat di Kabupaten Banjar. Menariknya, kegiatan dan aktivitas perkemahan dilakukan di dalam LPKA Martapura.

Pelaksanaannya juga membaurkan para Andikpas dengan anggota Pramuka dari luar LPKA, tentunya dilakukan dengan mekanisme yang baik dan pengaturan identitas agar tetap mengedepankan aspek keamanan dan kewaspadaan. Seluruh peserta melaksanakan agenda yang telah diatur oleh panitia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi membuka secara langsung kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) “Gladi Pandu Anandita Wiratama” yang diikuti anggota Pramuka Andikpas LPKA Kelas I Martapura dan juga anggota Pramuka dari sekolah SMA sederajat. Kegiatan Persami yang diikuti oleh total 131 orang peserta ini dilaksanakan di Lapangan Dalam LPKA Martapura, Sabtu (18/6).

Pada hari ini dilaksanakan kegiatan Persami bagi anak-anak asuh di LPKA Kelas I Martapura dan dipertemukan dengan anak-anak sebayanya yang tergabung dalam Gugus Depan Pramuka disekitar LPKA. “Kegiatan ini sebagai bentuk asimilasi, penyambungan dan penyatuan kembali para Andikpas yang kita bina dengan teman-teman sebayanya melalui kegiatan kepramukaan.

Kegiatan ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bermain, berkompetisi dan melatih jiwa patriotik melalui kegiatan kepramukaan yang tentunya akan memberikan mereka keterampilan, ketangkasan yang nantinya bermanfaat untuk menatap masa depan,” ucap Lilik Sujandi selaku Kakanwil Kemenkumham Kalsel.

Lilik juga menyampaikan bahwa pihaknya menjalin sinergi bersama Pengurus Kwartir Daerah untuk memberikan kesempatan, pengajaran dan pengembangan bagi anak-anak didik kita di LPKA Kelas I Martapura. “Kedepan kami akan mengesahkan satuan komunitas pramuka Pengayoman yang kegiatannya akan melibatkan anak-anak asuh kita yang berada di Lapas dan Rutan secara berkelanjutan,” ucap Lilik Sujandi yang didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Kepala LPKA Kelas I Martapura.

Turut berhadir dalam kegiatan ini Para Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Kalsel, Kepala UPT se-Banjar Raya, Pejabat Administrasi Divisi Pemasyarakatan, perwakilan Korem 101 Anatasari, perwakilan Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Dinas Sosial, dan instansi terkait lainnya.

Kegiatan Pramuka pada umumnya juga diikuti dengan baik, seperti halnya upacara dan api unggun. Para peserta Persami yang terdiri dari Andikpas LPKA Martapura dan Sekolah SMA sederajat di Martapura mengikuti kegiatan dengan penuh antusias dalam membangun interaksi serta hubungan baik dalam membangun persahabatan.|My

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *