Amaliah Ramadhan 1443 H Pemasyarakatan Kalsel Berakhir

 Amaliah Ramadhan 1443 H Pemasyarakatan Kalsel Berakhir
Digiqole ad

BANJARMASIN – Pekan Amaliah Ramadhan 1443 H Pemasyarakatan yang hadir sepanjang bulan Suci Ramadhan telah menjadi momentum pembinaan dan penguatan iman bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) beserta para Petugas Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan agar semakin bertaqwa kepada Allah SWT.

Kegiatan yang mengangkat tema “Syariat, Hakekat, dan Makrifat” ini resmi ditutup oleh Lilik Sujandi selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Rabu (27/4) usai dilaksanakan secara rutin dan khidmat oleh seluruh UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan.

Turut berhadir pada kegiatan ini para Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Satker UPT Pemasyarakatan, Pejabat Administrator, dan seluruh jajaran Pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel beserta para WBP yang juga bergabung secara langsung maupun virtual melalui media video conference.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang bertujuan agar selama kegiatan berlangsung seluruh peserta dapat mengikutinya dengan khidmat.

Lilik Sujandi Selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pekan amaliah telah berlangsung dengan baik dan lancar berkat dukungan dan partisipasi berbagai pihak.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah melaksanakan pekan amaliah selama bulan suci Ramadhan dengan baik dan hal ini tidak dapat berlangsung tanpa andil para guru, para rohaniawan yang melakukan pembinaan karenanya saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya.

Pekan amaliah ini resmi kita tutup untuk dilanjutkan kembali dengan amalan-amalan baik disetiap harinya dan semoga kita bisa bertemu kembali dibulan suci Ramadhan berikutnya,” ucap Lilik.

Kegiatan penutupan pekan amaliah yang digelar di Mesjid Ba’abut Taqwa Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banjarmasin ini juga turut diikuti oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan, H Muhammad Tambrin yang juga memberikan tausyiah agama kepada seluruh peserta kegiatan secara luring dan daring.

Lilik juga menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan dukungan yang diberikan oleh Kakanwil Kemenag Kalsel dan berharap kedepannya pembinaan kerohanian yang selama ini sudah dilaksanakan dengan baik dapat terus ditingkatkan dengan dukungan penuh dari Kanwil Kemenag Kalsel diseluruh UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan.

Hal senada juga disampaikan oleh Sri Yuwono selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan dimana kegiatan pekan amaliah ini bertujuan agar WBP dan juga petugas Lapas  semakin bertaqwa kepada Allah SWT.

“Selama bulan Ramadhan ini seluruh UPT PAS diisi dengan kegiatan Shalat Tarawih, membaca Al-quran serta ada juga perlombaan MTQ di beberapa UPT,” jelasnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada para rohaniawan yang telah berpartisipasi dalam memberikan program pembinaan rohani kepada para WBP selama berlangsungnya pekan amaliah diseluruh UPT Pemasyarakatan.

Kegiatan ini juga diselingi dengan penandatanganan MoU antara Kanwil Kemenkumham Kalsel dengan Bank Syariah Indonesia Cabang Banjarmasin untuk mendukung pembinaan kerohanian di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel kedepannya melalui produk syariahnya.|My

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *