HIMAGRO UMBY Lolos Seleksi PPK Ormawa 2022

 HIMAGRO UMBY Lolos Seleksi PPK Ormawa 2022

Bantul – Mahasiswa Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang terdiri dari tiga Prodi yaitu Agroteknologi, Teknologi Hasil Pertanian, dan Peternakan berhasil lolos dalam seleksi Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa).

Program PPK Ormawa ini diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek.

Sebagaimana disampaikan Humas UMBY, (Kamis, 01/9/2022) Ormawa yang lolos dalam seleksi ini adalah Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) UMBY.

Kegiatan PPK Ormawa HIMAGRO UMBY 2022 memilih judul proposal “Pengembangan Taman Koleksi Biodiversitas Tanaman Potensi Obat di Dusun Sundi Kidul, Desa Argorejo, Sedayu, Bantul, DIY”

Ketua tim PPK Ormawa HIMAGRO UMBY 2022, Alya Nur Farida menyampaikan tujuan dari kegiatan ini sebagai wadah untuk mahasiswa melatih kepemimpinan dan tanggung jawab serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang di implementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

“Sesuai dengan judul proposal, program ini berfokus pada pengembangan taman koleksi obat yang di dalamnya terdapat berbagai macam tanaman obat dan tanaman yang berpotensi sebagai obat. Selain itu, dalam kegiatan ini juga dikembangkan kafe jamu yang nantinya akan menjadi tempat untuk memasarkan produk hasil olahan dari tanaman obat,” jelasnya

Dr. Ir. Dian Astriani, SP., M.P. selaku dosen pembimbing dalam kegiatan PPK Ormawa HIMAGRO UMBY menjelaskan bahwa program ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Dusun Sundi Kidul sebagai tempat untuk belajar mengenai tanaman obat. Selain itu, program ini juga melibatkan masyarakat serta karang taruna setempat sehingga dapat melatih mahasiswa untuk hidup bermasyarakat.

Lurah Argorejo, Ngadimin SH mengatakan kegiatan PPK Ormawa ini diharapkan mampu menambah pengetahuan serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dusun Sundi Kidul melalui kafe jamu dan taman koleksi obat.

“Disamping itu nantinya dapat menjadi tempat belajar sekaligus tempat wisata untuk masyarakat dari luar dusun Sundi Kidul,” harapnya.| njar

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar