Plt. Kakanwil Kumham Kalsel Apresiasi Pemkab Tanah Bumbu Percepatan Operasionalisasi Lapas Kelas III Batulicin

 Plt. Kakanwil Kumham Kalsel Apresiasi Pemkab Tanah Bumbu Percepatan Operasionalisasi Lapas Kelas III Batulicin

BATULICIN – Plt. Kakanwil Kumham Kalsel Heni Susilo Wardoyo menyampaikan apresiasi kepada Bupati Tanah Bumbu KH. Zairullah Azhar terkait bantuan hibah oleh Pemkab Tanah Bumbu, berupa Gedung Bangunan Blok dan Sarpras Pendukung serta Rencana Pembangunan Rumah Dinas bagi pegawai Lapas.

Selaras dengan apa yang disampaikan Plt. Kakanwil, Bupati Tanah Bumbu terkait dengan dukungan atas rencana operasional Lapas Batulicin.

“Kami sangat mendukung percepatan operasionalisasi Lapas Kelas III Batulicin, sehingga keluarga WBP yang berasal dari Tanah Bumbu tidak menempuh jarak yang jauh dan memakan waktu lama untuk melakukan kunjungan. Serta dapat membantu mengurangi overcapacity pada Lapas Kelas IIA Kotabaru,” ujarnya.

Selain melakukan audiensi dengan Bupati Tanah Bumbu, rombongan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan juga berkoordinasi dengan DPRD Kabupaten Tanah Bumbu terkait percepatan peresmian Lapas Batulicin dan kelengkapan sarana dan prasarana pendukung operasional.

Audiensi dibuka langsung oleh Ketua DPRD Tanah Bumbu, H. Supiansyah,  “Kami sebelumnya juga berkoordinasi dengan Menteri Hukum dan HAM terkait pembangunan Lapas di Batulicin dan alhamdulillah sekarang sudah terlaksana pembangunan Lapas tersebut, kami mengharapkan untuk segera bisa dioperasikan agar masyarakat yang keluarganya berada di Lapas Kotabaru tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh hanya untuk melakukan kunjungan bagi WBP,” ujarnya.

Senada dengan yang disampaikan ketua DPRD Tanah Bumbu, Plt. Kakanwil Heni Susilo menyempaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan Pemerintah DPRD Kabupaten Tanah Bumbu terkait pembangunan Lapas Kelas IIi Batulicin.

“Apa yang disampaikan ketua DPRD akan kami tampung untuk bisa dikoordinasikan bersama pimpinan pusat, agar segera bisa diresmikan pengoperasian Lapas, ini juga sebagai upaya untuk penanggulangan over kapasitas di Lapas Kelas IIA Kotabaru,” jelasnya.

Begitu pula dengan pembangunan Lapas Kelas III Batulicin yang sudah memasuki tahapan akhir dan dengan ditunjuknya Plt. Kepala Lapas yang kini dimandatkan kepada Kepala Lapas Kelas IIA Kotabaru, Yosef Benjamin Yembise.

Diharapkan dapat mengakselerasi pengoperasian Lapas yang akan dilakukan secara bertahap hingga Lapas bisa beroprasi secara penuh baik operasional teknis maupun sarana prasarana.

Lanjutnya, terkait pengoperasian Lapas, DPRD Kabupaten Tanah Bumbu juga akan memberikan dukungan jika terdapat kebutuhan yang diperlukan dalam menunjang operasional Lapas Batulicin.

Usai melaksanakan audiensi, rombongan Plt. Kakanwil Kemenkumham Kalsel bergerak menuju Lapas Batulicin guna meninjau secara langsung kondisi lapas dan apa saja yang diperlukan untuk segera bisa beroperasi guna menanggulangi over kapasitas Lapas Kotabaru.|My

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar