Webinar Wirh Corcomm Expertise FIFGROUP, Kemampuan Komunikasi Menjadi Kunci Utama Pondasi Perusahaan Menopang Keberlangsungan Bisnis

 Webinar Wirh Corcomm Expertise FIFGROUP, Kemampuan Komunikasi Menjadi Kunci Utama Pondasi Perusahaan Menopang Keberlangsungan Bisnis
Digiqole ad

JAKARTA – Siapa yang tidak ingin memiliki kemampuan berbicara di depan umum dan jago dalam berkomunikasi? Kemampuan ini seolah menjadi salah satu pesona tersendiri bagi sebagian orang untuk bisa tampil di publik.

Baik tampil pada acara formal, semi formal, bahkan acara santai, kemampuan berbicara di depan umum sangat dibutuhkan. Tidak hanya itu, saat ini kemampuan berbicara di depan umum pun menjadi salah satu aspek yang dinilai pada seseorang saat proses seleksi pekerjaan.

Dalam implementasinya, kemampuan berbicara di depan umum atau yang lebih dikenal dengan public speaking memainkan peran utama dalam pendidikan, bisnis, hingga pemerintahan.

Hal ini dikarenakan perkataan memiliki kekuatan dalam hal mendidik, menginformasikan, bahkan menghibur. Namun, kemampuan itu seketika dapat memudar diakibatkan oleh beberapa hal, seperti demam panggung, tidak fokus, dan tidak mampu mengontrol diri.

Pada kesempatan kali ini, PT Federal International Finance (FIFGROUP) anak perusahaan dari PT Astra International Tbk dan merupakan salah satu bagian dari Astra Financial mengadakan suatu kegiatan webinar seru berjudul Webinar wirh Corcomm Expertise “How to Be a Good Spokesperson”, dengan menghadirkan salah satu narasumber handal yang merupakan News Director di salah satu stasiun pemberitaan Nasional, Rosianna Magdalena Silalahi.

Sebagai salah satu presenter ternama, wanita kelahiran Pangkalpinang pada tanggal 26 September 1972 tersebut membagikan ilmu serta pengalaman terbaiknya pada acara webinar yang dihadiri oleh jajaran direksi dan management FIFGROUP, seluruh leader Cabang FIFGROUP yang dari Sabang hingga Merauke, serta karyawan.

Chief of Corporate Communication and CSR FIFGROUP, Yulian Warman, dalam speech pembukaannya menyampaikan kehadiran sosok Rosiana Silalahi dalam acara webinar tersebut diharapkan dapat menjadi momen bagi seluruh peserta yang hadir untuk lebih meningkatkan kemampuan komunikasinya.

“Kemampuan komunikasi menjadi kunci utama dan pondasi pada sebuah perusahaan guna menopang keberlangsungan bisnis. FIFGROUP dengan network yang tersebar di seluruh titik wilayah di Indonesia memiliki jumlah karyawan yang lebih dari 15.000 karyawan. Oleh karena itu, dengan kehadiran sosok Ibu Rosi diharapkan dapat meningkatkan dan memperbaiki kemampuan komunikasi seluruh insan FIFGROUP,” kata Yulian.

Pada kesempatan tersebut, wanita yang dikenal penampilan rambut pendek khas dan nyentriknya, memaparkan tips dan trik yang harus dimiliki oleh seorang public speaker dengan judul Berkomunikasi di New Normal, Building Trust in Virtual Communication.

Rosi mengatakan bahwa dalam membangun sebuah komunikasi terdapat 3 elemen penting yang menjadi perhatian saat kita berbicara, yaitu gesture atau bahasa tubuh, kata-kata, dan suara, di mana dari ketiga elemen itu, bahasa tubuh menjadi komponen penting kita dalam berkomunikasi.

“Pandemi Covid-19 mengubah proses komunikasi yang terjadi di masyarakat. Dari semulanya kita lakukan secara langsung berubah dilakukan secara daring. Berbagai tantangan tentunya hadir pada perubahan tersebut, seperti koneksi internet yang lambat, keributan di lingkungan sekitar yang menjadi noise, penampilan hingga tidak adanya energi dalam melakukan virtual meeting,” kata wanita kelulusan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia tersebut.

Wanita yang pernah mewawancarai George Bush secara langsung di Gedung Putih tersebut juga menyampaikan bahwa tentunya terdapat banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut. Tampilan diri saat melakukan virtual meeting tetap harus dijaga di mana hal itu menunjukan profesionalitas untuk tampil dipublik meskipun dilakukan secara virtual, seperti tidak melakukan blocking atau menunduk selama berbicara, memperhatikan pencahayaan salama tampil di depan kamera, hingga gunakan virtual background yang pantas.

“Pilihan lokasi juga menjadi faktor utama saat kita berkomunikasi secara virtual, ciptakan ruang khusus dan pribadi, sehingga mencegah munculnya noise saat sedang melakukan virtual meeting. Hal yang juga tidak kalah penting adalah bagaimana kita membuat presentasi yang menarik sehingga perhatian audiance tertuju kepada kita,” tutur wanita peraih penghargaan Pembawa Acara Berita Terfavorit pada salah satu ajang penghargaan Nasional pada tahun 2007.

Acara yang berlangsung dengan sangat seru tersebut disambut baik oleh seluruh peserta, di mana terdapat pertanyaan yang masuk hingga lebih dari 50 pertanyaan. Salah satu peserta mengajukan pertanyaan terkait bagaimana cara kita untuk tidak grogi saat tampil di depan.

Wanita yang sudah lebih dari 20 tahun berkarir di dunia televisi tersebut menjawab pertanyaan tersebut dengan lugas, bahwa grogi merupakan hal natural pada diri manusia, sehingga yang perlu kita lakukan adalah untuk tetap rileks dengan kondisi yang kita hadapi, banyak hal yang dapat dilakukan, seperti mengatur pernapasan kita ataupun minum air mineral agar meredanya rasa grogi kita.

Menutup acara webinar tersebut Human Capital (HC), General Services (GS), and Corporate Communication Director FIFGROUP, Esther Sri Harjati, mengatakan, kehadiran Rosianna Silalahi pada kegiatan ini tentunya memberikan pengetahuan yang tentunya sangat insightful bagi kita semua yang hadir pada siang hari ini, kiprah beliau sebagai profesional di dunia komunikasi tentunya tidak perlu diragukan lagi, tutup Esther melalui closing speech-nya. (rls)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *