Survei SRS: Warga Nahdliyin di Jatim Cenderung pilih Prabowo ketimbang Ganjar dan Anies

 Survei SRS: Warga Nahdliyin di Jatim Cenderung pilih Prabowo ketimbang Ganjar dan Anies

Jakarta — Hasil survei Surabaya Research Syndicate (SRS) menangkap bahwa elektabilitas bakal calon presiden di wilayah Jawa Timur dalam lingkup warga Nahdliyin cenderung pada Prabowo Subianto.

Elektabilitas Prabowo semakin mendominasi dan semakin jauh tinggalkan Ganjar Pranowo ataupun Anies Baswedan.

“Berdasarkan analisis tabulasi silang dari hasil Survei SRS diketahui bahwa bagian terbesar kaum Nahdliyin 41,5% cenderung memilih Prabowo. Sebanyak 36,5% menjatuhkan pilihan pada Ganjar sedangkan yang memilih Anies hanya 10,8% dan 11,2% masih galau,” kata Edwin Abdul, Direktur SRS.

Ia mengatakan angka ini patut dicermati mengingat Provinsi Jawa Timur merupakan basis terbesar warga NU sehingga selalu menjadi penentu kemenangan seorang capres sejak pilpres 2004,

Adapun, Edwin turut mengungkap faktor mengapa Prabowo cenderung teratas dan menjadi pilihan favorit publik di Jawa Timur, yaitu salah satunya llantaran adanya fenomena Jokowi Effect.

Publik Jawa Timur meyakini bahwa approval atau endorsement Jokowi lebih mengarah kepada Prabowo maka ia dapat meraih elektabilitas yang signifikan.

Selain itu juga adanya faktor kerjasama partai Prabowo, Gerindra dengan PKB yang menjadi variabel penentu keunggulan Prabowo atas Ganjar di Jawa Timur.

“Seperti diketahui, PKB adalah partainya warga NU, meskipun tidak semua warga NU memilih PKB, akan tetapi dukungan warga NU terus mengalir kepada Menteri Pertahanan RI,” ujar dia.

Berita Terkait