Siapkan STB Untuk Menonton Siaran TV Digital di Rumah Anda

 Siapkan STB Untuk Menonton Siaran TV Digital di Rumah Anda
Digiqole ad

BAGI masyarakat, keberadaan siaran TV digital ini disambut baik, mengingat TV digital ini memiliki kelebihan yang cukup banyak.

Kita ketahui bahwa siaran TV analog sudah cukup lama mengudara di Indonesia, bahkan selama hampir 60 tahun di Indonesia digantikan oleh siaran televisi digital selambat-lambatnya pada akhir November 2022.

Namun bagi Jumi Hartutik seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Cibubur Jakarta Timur mengungkapkan, banyaknya media pemberitaan yang menyampaikan informasi tentang migrasi dari TV analog ke TV digital, sehingga dirinya mengetahui adanya siaran TV digital.

“Saya mengetahui adanya siaran TV digital melalui informasi yang disampaikan mulai radio, berita koran, informasi digital, hingga papan reklame,” kata Hartutik, saat diminta komentarnya mengenai keberadaan siaran TV digital baru-baru ini.

Bahkan ia juga menyebutkan adanya informasi tersebut pastinya membuat orang bertanya tanya, apa kelebihan dari TV digital ini di banding dengan TV analog.

“Setelah saya pelajari, saya gali kembali seperti apa siaran TV digital ini, saya pun sedikit mengetahui kelebihan yang kita dapatkan dari siaran tersebut,” jelas Hartutik.

Ibu Rumah Tangga itu pun menyebutkan, Kelehihan TV Digital dibanding Analog, bisa dilihat dari segi gambar yang dihasilkan TV digital, jelas lebih jernih dibanding TV berfrekuensi Analog.

Kemudian yang tak kalah pentingnya disini, sajian tontonan beragam karena adanya pancaran gelombang yang cepat dan kompatibel dari berbagai daerah. Sekaligus mengurangi radiasi frekuensi yang tidak diperlukan mengingat efisiensi dari frekuensi TV digital yang terbilang fleksibel, ujarnya.

Dari berbagai kelebihan namun perbedaan mencolok antara TV analog dan digital sebenarnya terletak pada sinyal dan proses transmisinya. Apalagi siaran TV digital ini menggunakan teknologi tinggi.

Namun bagi pengguna secara umum akan terasa pada kualitas gambar yang dihasilkan yang pasti tampilan gambar visualnya sangat tajam, ungkapnya.

Lanjutnya, TV digital akan menghasilkan gambar yang lebih jernih tanpa terpengaruh oleh jarak maupun kondisi geografis dari wilayah. Tayangan akan muncul secara maksimal asalkan kekuatan sinyal memenuhi ambang batas dan menghilangkan ketika kurang, tambahnya.

Beralih Siaran TV Digital

Dalam Masa peralihan ke siaran televisi digital, masyarakat tetap bisa untuk menonton siaran televisi analog, namun siaran analog ini akan mati sendiri, sehingga  masyarakat bisa langsung beralih siaran TV digital tersebut, namun sangat dianjurkan untuk merubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital.

Begitu pula dengan kebutuhan Set Top Box (STB) sangat penting, terutama bagi masyarakat yang masih menggunakan TV Analog. Tentunya agar tetap bisa menikmati siaran digital tanpa mengganti televisi baru.

Namun karena masih terdengar asing, tidak sedikit masyarakat yang bertanya-tanya apa itu Set Top Box dan apa fungsinya pada TV Analog sehingga perlu digunakan STB tersebut?

STB memiliki sebutan lain yakni dekoder, receiver dan beberapa kalangan menyebutnya sebagai converter.

Sementara itu fungsi STB pada TV analog yaitu sebagai alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar, dan suara kemudian ditampilkan ke televisi analog atau tabung.

STB  ini juga hanya berfungsi sebagai pengubah sinyal digital menjadi gambar dan suara. Saat ini STB tersebut banyak dijual dipasaran, berbagian merk STB sudah bisa ditemukan dengan mudah, baik di pasar offline maupun online.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli STB, yaitu pastikan STB yang dipilih bersertifikat Kominfo, agar semua fitur siarannya berfungsi secara optimal.

Melakukan setting TV digital dari TV analog dengan STB yaitu memindahkan kabel antena TV ke bagian lubang yang terdapat di belakang STB.

Selanjutnya menyambungkan kabel HDMI ke STB. Sedangkan untuk TV yang tidak ada kabel HDMI, dapat menggunakan kabel berjenis AV. Paket STB sudah dilengkapi dengan kabel AV dan remote control. Sambungkan kabel AV ke TV maupun ke STB sesuai dengan dengan warnanya.

Langkah selanjutnya nyalakan TV anda, lalu pilih setting dan pilih menu HDMI atau AV, maka dengan melakukan hal tersebut STB akan terinstal secara otomatis.|syd

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *