Pertahankan Disertasi, Rieke Diah Pitaloka Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi 

 Pertahankan Disertasi, Rieke Diah Pitaloka Raih Gelar Doktor Ilmu Komunikasi 
Digiqole ad

Depok – Artis sekaligus politisi dari PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka menjalani  sidang terbuka doktoral (S3) yang berlangsung di Auditorium Juwono Sudarsono FISIP UI, Depok, Rabu (25/5/2022).

Rieke menempuh S3 di FISIP UI, berhasil mempertahankan disertasinya berjudul Kebijakan Rekolonialisasi: Kekerasan Simbolik Negara Melalui Pendataan Perdesaan, Pisau analisis: Konsep-konsep Pierre Bourdieu dan Nick Couldry.”

Dengan sukses ia pun meraih gelar doktor dalam bidang ilmu komunikasi tercepat dengan nilai cumlaude.

Anggota DPR ini juga menempuh masa studi dalam waktu dua tahun delapan bulan dua hari, dan menjadi Doktor Bidang Ilmu Komunikasi FISIP UI ke-124, juga doktor perempuan ke-63 di kampus yang sama.

Rieke juga menjelaskan, disertasi ini merupakan deskripsi, analisis, dan interpretasi atas perbandingan dua jenis data, yaitu data perdesaan yang direproduksi institusi negara dengan pendekatan top down dan data yang diproduksi warga dengan pendekatan bottom up.

“Temuan penelitian memperlihatkan data yang direproduksi negara tidak mengintegrasikan antara data spasial dan numerik,” ujarnya.|My

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *