Pemda DIY Tetapkan Kalurahan Pandowoharja Sebagai Desa Mandiri Budaya

 Pemda DIY Tetapkan Kalurahan Pandowoharja Sebagai Desa Mandiri Budaya
Digiqole ad

SLEMAN – Pemerintah Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menetapkan Kalurahan Pandowoharjo Kapanewon Sleman sebagai Desa Budaya Mandiri.

“Setelah berhasil meraih predikat Desa Maju Budaya, terhitung tahun 2020 Kalurahan Pandowoharjo oleh Pemda DIY ditetapkan sebagai Desa Mandiri Budaya” terang Carik Pandowoharjo Bharata Anung Santosa didampingi Kepala Urusan Tata Laksana, Agus, Senin (22/2).

Anung menambahkan ditetapkan Pandowoharjo karena Desa Budaya Mandiri karena 4 pilar atau indikator persyaratan sebagai Desa Budaya Mandiri telah terpenuhi.

Empat pilar tersebut, sambungnya, budaya, pariwisata, seni budaya dan UMKM semua ada di Pandowoharjo. Bahkan saat ini di Pandowoharjo memiliki 4 desa wisata yang sudah bersertifikat. Dan dua desa wisata kategori rintisan.

“Pandowoharjo juga memiliki keunggulan yang tidak ditemukan di Desa Mandiri Budaya lainnya. Yakni program kampung bahasa jawa, kampung ramah anak dan pasar tiban, Minggu Legi” tandasnya.

Lebih jauh dijelaskannya, dengan predikat Desa Mandiri Budaya, Pandowoharjo, guna mendukung berbagai kegiatan nantinya akan mendapatkan dana yang bersumber dari Danais sekitar Rp 1 miliar.

“Untuk saat ini Desa Mandiri Budaya di DIY baru ada 10, di mana 5 diantaranya ada di Sleman” pungkasya. (njar)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *