Pembentukan Posmaja RW 03, Lurah Meruyung Berharap Dapat Memberikan Kontribusi di Kalangan Remaja

 Pembentukan Posmaja RW 03, Lurah Meruyung Berharap Dapat Memberikan Kontribusi di Kalangan Remaja
Digiqole ad

Depok – Keberadaan remaja sebagai kader masyarakat merupakan hal positif. Begitu pula dengan hadirnya Posyandu Remaja (Posmaja) dilingkungan masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan, pastinya disambut baik.

Pembentukan serta pelantikan Posyandu Remaja yang terintegrasi dengan Posyandu Ramah Anak Kecamatan Limo, Kota Depok, berlangsung di Kecamatan Limo, Jumat (20/05/2022).

Sekretaris Kecamatan Limo Kota Depok Dra. Yeni Suhartini M.A mengungkapkan pembentukan Posmaja yang terintegrasi tak lain sebagai upaya menjaga kesehatan yang berbasis pada masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau kesehatan remaja.

Menurutnya pemasalahan remaja ini tidak sedikit, apalagi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini.

Tentunya nanti para remaja yang tergabung dalam Posmaja ini, nantinya mendapatkan bimbingan dari para kader Posyandu, yang juga para kader Posyandu berkewajiban untuk memantau dan mendampingi anggota Posmaja, ujarnya.

Yeni menyebutkan, tujuan dari pembentukan Posmaja ini yang melibatkan remaja sebagai upaya intervensi terkait permasalahan remaja, dimana para remaja yang tergabung dalam Posmaja inilah yang mengetahui permasalahan apa yang tren di kalangan remaja, paparnya.

“Permasalahan di kalangan remaja, biasanya sesama remaja juga yang lebih tahu duluan, dibanding kami orang tua,” ungkapnya.

Ia juga meminta agar Posmaja ini dapat memantau kesehatan para remaja dilingkungannya masing-masing, ini juga berkaitan dengan ramah anak, jelas Yeni.

Pembentukan Kedua

Sementara itu Lurah Meruyung, Kecamatan Limo, Yuyun Purwana menyebutkan pembentukan Posmaja ini, merupakan pembentukan yang kedua.

Posmaja Pertama berada di RW 11, sedangkan yang kedua ini di RW 03, dimana pembentukan Posmaja sekaligus dilakukannya pelatikan, ujar Yuyun.

“Jadi Pembentukan Posmaja di RW 03 ini,  sekaligus kita lakukan pelantikan bagi para anggota Posmaja,” ujarnya.

Lebih jauh Lurah Meruyung mengungkapkan, pembentukan Posmaja di RW 03 ini bertujuan agar remaja bisa berkolaborasi dengan Kelurahan, dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Meruyung, dengan stakeholder yang ada di Kelurahan Meruyung. Sehingga kita bisa menangkal beberapa kegiatan remaja yang sifatnya negative, papar Yuyun.

Di katakannya program Depok Sukses Bebas Stunting Mewujudkan Kota Ramah Anak (D’Sunting Menara) merupakan program yang tren saat ini. Untuk itu Posmaja ini juga merupakan kegiatan dari Seksi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kelurahan Meruyun.

Yuyun berharap dengan terbentuknya Posmaja ini, dapat memberikan kontribusi dari kalangan remaja yang ada dilingkungan RW 03, dalam hal pelaksanaan Posmaja yang berkolaborasi dengan Karang Taruna Kelurahan Meruyung, sehingga bisa berinovasi untuk memajukan Kelurahan Maruyung yang lebih baik, tambahnya.

Begitu pula yang disampaikan Ketua LPM Kelurahan Meruyung Dery, Posmaja ini sangat membantu dalam hal memberikan edukasi bagi para remaja lainnya, seperti halnya dalam hal pergaulan bebas dikalangan remaja, yang harus di cegah.

Dery menyebutkan, dalam Posmaja ini juga diberikan arahan dan bimbingan agar remaja ini tidak salah arah, terutama mereka terlibat dalam pergaulan bebas, pengunaan narkotika.

“Jadi dengan adanya Posmaja ini, kita sebagai orang tua juga berharap ada yang mengontrol remaja agar tidak salah arah,” ujarnya.|My

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *