Manfaat dan Bahaya Listrik, Bagian dari Sosialisasi dan Edukasi PLN UP2B Jatim di Desa Sumberarum

 Manfaat dan Bahaya Listrik, Bagian dari Sosialisasi dan Edukasi PLN UP2B Jatim di Desa Sumberarum
Digiqole ad

Bojonegoro – Sebagai salah satu unit PLN yang mengelola sistem ketenagalistrikan tegangan tinggi 150 kV di wilayah Jawa Timur dan Madura, PLN UP2B Jawa Timur perlu melakukan sosialisasi dan edukasi bagi warga masyarakat terkait manfaat dan bahaya listrik.

Dalam hal ini PLN UP2B Jawa Timur melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi bagi warga masyarakat Desa Sumberarum, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (08/11/2022).

Selain memberikan sosialisasi dan edukasi, PLN UP2B Jawa Timur juga membagikan paket peralatan listrik bagi semua peserta dan memberikan bantuan fasilitas umum kepada Balai RW 01 Desa Sumberarum.

Keberadaan listrik memiliki peran penting. Listrik digunakan dalam segala kegiatan, baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun kebutuhan industri.

Selain memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh manusia, listrik juga sangat berbahaya jika tidak dimanfaatkan dengan benar.

Pejabat Pelaksana Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Keamanan UP2B Jawa Timur Fernando mengungkapkan, melalui sosialisasi ini, PLN mengharapkan kerja sama dari seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan instalasi jaringan listrik, khususnya di jalur transmisi maupun distribusi.

“Salah satunya agar warga  tidak bermain layang-layang, juga melakukan penebangan pohon disekitar instalasi PLN, sehingga pasokan listrik tetap aman,” ujarnya.

Fernando juga menjelaskan, seperti saat ini musim penghujan serta rawan terjadinya banjir, masyarakat juga kita edukasi bagaimana cara mengantisipasi bahaya listrik ketika terjadi bencana banjir.

Menurut Pejabat Pelaksana Keselamatan, Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Keamanan UP2B Jawa Timur, tujuan sosialisasi tentang kelistrikan ini sangat penting untuk mengedukasi masyarakat.

“Kami meminta dukungan dari semua pihak agar seluruh warga dapat mengoptimalkan dengan cara bijak dan benar dalam penggunaan listrik,” ungkap Fernando.

Aplikasi PLN Mobile

Disamping itu, PLN juga mengenalkan salah satu aplikasi layanan terbaru milik PLN yaitu aplikasi PLN Mobile yang bisa didownload melalui Playstore dan Appstore.

“Aplikasi PLN Mobile ini mengakomodir semua bentuk layanan yang ada pada PLN, mulai dari pembayaran rekening listrik, pembelian token listrik, permohonan pasang baru, perubahan daya, penerangan sementara, pelayanan keluhan gangguan, dan lain-lain,” papar Fernando.

Begitu pula yang disampaikan Ketua RW 01 Desa Sumberarum Tiono, warga di RW 01 juga menyampaikan ucapatan terima kasih atas kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan PLN UP2B Jawa Timur.

“Disamping itu, warga mendapatkan pengetahuan tentang hal baru terkait aplikasi pelayanan PLN, melalui PLN Mobile. Dengan layanan tersebut kami semua siap untuk menggunakannya,” tambah Tiono.|Rls

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *