Launching IVOS, Tingkat Partisipasi Kegiatan Kerelawanan di Indonesia Mencapai 60 Persen

  Launching IVOS, Tingkat Partisipasi Kegiatan Kerelawanan di Indonesia Mencapai 60 Persen
Digiqole ad

JAKARTA – Sekolah Relawan merupakan sebuah Lembaga kemanusiaan yang fokus terhadap edukasi kerelawanan dan pemberdayaan masyarakat sebagai wujud aksi nyata kerelawanan.

Sekolah ini mempunyai empat fokus program yaitu, edukasi kerelawanan, sosial kemanusiaan, pemberdayaan masyarakat, dan advokasi.

Begitu pula kerelawanan menjadi salah satu kegiatan yang diminati oleh masyarakat Indonesia saat ini.

Tingkat partisipasi kegiatan kerelawanan di Indonesia mencapai 60 persen, dimana perolehan tersebut paling tinggi dari semua negara dan tiga kali lipat lebih besar dari rata-rata tingkat partisipasi kerelawanan dunia (CAF 2021).

Tingginya partisipasi dan kegiatan kerelawanan di Indonesia, tidak dengan hasil kajian ataupun penelitian kerelawanan di Indonesia.

Oleh karena itu, Sekolah Relawan berinisiasi membentuk sebuah Lembaga kajian kerelawanan di Indonesia yaitu Institute for Volunteering Studies (IVOS).

Chief Executive Officer Dony Aryanto mengungkapkan, pihaknya me-launching IVOS, dengan tujuan meriset kerelawanan.

“Kami mengklaim bahwa IVOS adalah satu satunya yang di Indonesia khusus kerelawanan,” ujarnya.

Ketua Program Sarjana Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP UI, Dr. Ety Rahayu, M.Si  mengungkapkan,  IVOS merupakan lembaga kerelawanan yang positif.

“Mungkin selama ini ada, tetapi di dalam organisasi masing-masing. Mudah-mudahan IVOS ini akan banyak mengkaji dan mengembangkan yang terkait dengan kerelawanan, agar mendapatkan dampak-dampak yang baik yang postif,” ujarnya. (My)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *