Kisah Sukses Carl & Claire Ciptakan Parfum Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau
JAKARTA – Founder dan CEO dari Carl & Claire, Nouva Puspita mengungkap kisah kesuksesan dirinya menciptakan serangkaian aroma parfum menarik untuk menciptakan rasa percaya diri bagi para penikmatnya. Kisah itu Nouva ungkap dalam acara Virtual Media Gathering – Shopee 9.9 Super Shopping Day, Selasa (6/9/2022).
Nouva menyebut, hadirnya Carl & Claire didasari oleh tren serta kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi namun dengan harga terjangkau di mana saat itu jarang ditemui.
Sempat ragu, khususnya melihat situasi di mana tidak banyak pelaku usaha yang bergerak dalam bidang ini serta peta persaingan industri yang didominasi para pemain bisnis lama dan sudah memiliki nama besar. Rasa ingin tahu Nouva yang cukup besar membawanya berani mengulik lebih dalam mengenai potensi dan peluang berbisnis pada industri ini.
Melalui tekad dan komitmennya untuk membawa sisi baru memajukan industri parfum lokal, perjalanan bisnis diawali pada tahun 2019 dengan mencoba peruntungan ke orang terdekat hingga mengambil langkah berani berpartisipasi pada offline bazaar. Di situlah dirinya banyak belajar dan mengumpulkan informasi melalui interaksi langsung.
“Perjalanan kami tidak serta merta terbilang mulus, banyak tantangan yang kerap dihadapi. Salah satunya saat tahun pertama kelahiran Carl & Claire, di mana sebanyak 30 varian koleksi berhasil dipasarkan. Nyatanya dari sebanyak 30 variasi yang dijual tanpa meriset kebutuhan konsumen terlebih dahulu, justru berdampak pada penjualan yang tidak sesuai yang diharapkan dan malah membuat sebagian besar pembeli merasa bingung dengan banyaknya variasi yang ditawarkan,” ujar Nouva, Selasa (6/9/2022).
Belajar dari kegagalan tersebut, kata Nouva, kini ragam koleksi Carl & Claire selalu hadir berdasarkan pemetaan konsep yang diklasifikasikan berlandaskan kebutuhan, tren, dan karakter masyarakat. Di mana sesuai dengan misi awal brand untuk membangun kepercayaan diri serta memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk wewangian berkualitas tinggi dengan harga terjangkau.
Tidak hanya itu, terdapat ruang pembelajaran bagi Nouva dalam perjalanan bisnis Carl & Claire. Mulai dari dimana stok yang diperkirakan akan laku selama tujuh hari pameran, justru hanya berhasil terjual lima botol selama dua hari berlangsung hingga ribuan botol yang telah disiapkan untuk penjualan produk terbaru, kenyataan dilapangan hanya sukses terjual puluhan unit.
Dalam perjalanan karir di industri ini, Nouva mengkaji hal yang menjadi pemicu kegagalan dan mencari formula penanganannya. Seperti halnya saat Carl & Claire dihadapkan pada situasi pandemi yang memaksa Nouva untuk menyusun ulang strategi penjualan dan beradaptasi dengan cara baru. Keterbatasan ruang gerak serta perubahan perilaku konsumen, Carl & Claire mulai lebih fokus memanfaatkan ranah digital untuk lebih dekat dengan konsumen.
Carl & Claire bersama Shopee perluas jangkauan produk di ranah digital
Terus berusaha untuk mengepakan sayapnya, Nouva mengembangkan potensi melalui ranah digital dengan memiliki website penjualan. Kemudian, pada tahun 2021, Carl & Claire memutuskan bergabung menjadi ShopeeMall. Menurut Nouva langkah tersebut dapat semakin memperkuat presence dalam ranah digital, karena dengan ShopeeMall Nouva yakin dapat semakin memperkuat kredibilitasnya sebagai brand.
Carl & Claire melihat platform e-commerce seperti Shopee menghadirkan tidak hanya kemudahan tetapi juga wadah bagi brand atau penjual khususnya pelaku usaha lokal untuk memperkuat potensi. Ragam fitur serta program yang ditawarkan Shopee telah disesuaikan dengan kebutuhan market baik pembeli maupun para penjual.
Salah satu di antaranya adalah panduan dari tim Shopee kepada penjual untuk memanfaatkan fitur dan program yang tersedia dalam mengembangkan produk sekaligus toko. Selain itu, Carl & Claire juga memanfaatkan program Shopee Affiliate. Dengan fitur ini, Nouva merasa sangat terbantu dimana produk Carl & Claire dapat dipromosikan sehingga meningkatkan daya tarik pengguna untuk berbelanja produknya.
Adanya ragam program seperti flash sale dan kampanye angka kembar seperti 9.9 dan 12.12 dirasa Nouva sangat membantu dalam meningkatkan penjualan serta brand awareness di Shopee. Terbukti salah satu produk favorit dari Carl & Claire, Black Orchid Perfume yang kerap terjual habis setiap mengikuti kampanye.
Antusiasme pengguna juga terlihat pada beberapa produk terfavorit antara lain Rosie Collection, Delicate, Lady dan Travel Size 12 ml. Produk-produk ini sering ditanyakan melalui fitur chat dan menjadi wishlist product dari pengguna Shopee.
“Kami merasa sangat terbantu dan ingin mengucapkan terima kasih untuk Shopee. Khususnya di tengah situasi pandemi, dimana kami pelaku usaha dihadapkan oleh pembatasan ruang gerak serta perubahan gaya hidup masyarakat.
“Namun, Shopee tetap terus memberikan wadah dan semangat bagi para pelaku usaha melalui inovasi dan program demi menjaga keberlangsungan bisnis dan membantu kami untuk beradaptasi pada situasi pandemi saat itu. Salah satunya kemeriahan kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day menjadi momentum bagi pelaku usaha guna meningkatkan eksposur melalui fitur-fitur yang ditawarkan,” ungkap Nouva.|Ilham