IMC Series #23 : Penerapan Aplikasi SEHATI Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Ekosistem Maritim

 IMC Series #23 : Penerapan Aplikasi SEHATI Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Ekosistem Maritim
Digiqole ad

KEMENTERIAN Perhubungan Dirjen Perhubungan Laut telah meluncurkan “Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi (SEHATI)” di tahun 2020 ini.

SEHATI merupakan sistem informasi manajemen yang memfasilitasi dan mempermudah seluruh proses layanan pada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Sehingga, masyarakat dapat mengakses pelayanan secara online dengan lebih mudah, efektif, dan efisien.

Penggunaan aplikasi SEHATI juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Pasalnya, melalui penggunaan aplikasi ini, masyarakat tak perlu datang bertatap muka dengan petugas untuk mendapatkan layanan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Dengan demikian, protokol kesehatan dengan menjaga jarak (physical distancing) telah dijalankan. Seperti apakah aplikasi SEHATI tersebut? Apa keuntungan menggunakan aplikasi SEHATI?

Memasuki Seri ke 23 Indonesia Maritime Club Discussion Series hadir kembali dengan tajuk: “Penerapan Aplikasi SEHATI Untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pelayanan Ekosistem Maritim”.

Diskusi akan berlangsubg Rabu 18 November 2020, Pukul 10.00, dengan para narasumber, Andi Hartono
Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan. Kemudian Capt. Hepi M. Faisal Ketua Bidang Keagenan DPP INSA)
(Indonesian National Shipowners’ Association). Serta Gatot Cahyo Sudewo Ketua Umum CIMA (Consortium of Indonesian Manning Agencies)

Sektor maritim, kelautan dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan (17000 ++ pulau) yang 2/3 wilayahnya terdiri dari laut.

Myshipgo menggagas forum diskusi ini untuk dapat memberikan manfaat dan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan, pencerahan, serta edukasi di sektor maritim, kelautan, logistik dan juga teknologi informasi/digitalisasi.

Selain itu, myshipgo berharap dapat “merangkul” para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk bangkit dari situasi pandemi covid 19 ini demi memajukan Indonesia,” ujar Harlin E. Rahardjo, CEO dan Cofounder myshipgo

“Di seri ke 23 ini IMC kembali mengangkat tema Digitalisasi, yaitu tentang Aplikasi SEHATI. Aplikasi digital yg dimiliki dan diluncurkan Kemenhub tahun 2020 ini relatif baru dan belum banyak dikenal oleh stakeholders maritim.

Di IMC #23 ini, myshipgo ingin mensosialisasikan SEHATI ini agar bisa bermanfaat bagi segenap pelaku sektor maritim, ungkap Harlin.

“Narasumber kali ini terdiri dari regulator dan pemilik aplikasi (Kemenhub) dan pengguna (INSA dan Asosiasi Agen Awak Kapal), “ ujar Dony Ari Nugroho, Moderator IMC dan cofounder Myshipgo.

Forum Diskusi Virtual “Indonesia Maritime Club” sudah memasuki edisi ke 23 dan akan hadir setiap 2 minggu sekali di hari Rabu dengan topik2 yg menarik dan narasumber yang kredibel.

Pendaftaran melalui link di bit.ly/myshipgo_imc23 atau WA di +62 819 056 049 99. [ ]

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *