IMC Seri 33 Mengusung: Transformasi Digital Untuk Membangkitkan Pariwisata Bahari Indonesia

 IMC Seri 33 Mengusung: Transformasi Digital Untuk Membangkitkan Pariwisata Bahari Indonesia
Digiqole ad

INDONESIA merupakan negara kepulauan dan negara maritim yang memiliki banyak pantai dan laut yang indah. Terlebih lagi Indonesia juga kaya dengan beragam budaya, etnis, seni dengan keunikan tersendiri di masing-masing daerah. Hal ini membuat sektor pariwisata khususnya pariwisata bahari seharusnya potensial untuk menambah devisa negara.

Namun apa daya pandemi covid 19 telah memporakporandakan sektor pariwisata dunia tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia sektor pariwisata drop sekitar 90% selama pandemi ini.

Tentu setelah terpuruk, harus ada usaha untuk bangkit. Salah satu upaya untuk membangkitkan pariwisata khususnya pariwisata bahari adalah dengan Transformasi Digital.

Apa yang dimaksud Transformasi Digital? Dan bagaimana Transformasi Digital dapat membantu kebangkitan pariwisata bahari di Indonesia?

Indonesia Maritime Club (IMC) Discussion Series yang diinisiasi myshipgo, kembali hadir di seri ke 33 dengan topik: Transformasi Digital Untuk Membangkitkan Pariwisata Bahari Indonesia, dengan narasumber: Dr. Ir. Arief Yahya MSc Menteri Pariwisata RI 2014-2019, Direktur Utama Telkom 2012-2014, saat ini Direktur Utama PT Intermedia Capital Tbk. dan Direktur PT. Visi Media Asia Tbk.

Moderator: Alexander Hasan, Researcher dan Advisor myshipgo yang juga MBA Candidate dari Kyoto University  Pada Sabtu, 25 September, pukul 10.00 – 12.00 WIB.

“Sektor maritim, kelautan dan logistik ini harus menjadi perhatian karena Indonesia negara kepulauan yang 70% wilayahnya terdiri dari perairan. Myshipgo menggagas forum diskusi ini untuk dapat memberikan manfaat dan kontribusi berupa pemikiran, ide, terobosan, pencerahan, serta edukasi di sektor maritim,kelautan,logistik dan juga teknologi informasi/digitalisasi. Selain itu, myshipgo berharap dapat “merangkul” para stakeholders di sektor tersebut untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk bangkit dari situasi pandemi covid 19 ini demi memajukan Indonesia,” ujar Harlin E. Rahardjo, CEO dan Cofounder myshipgo

“Sebagai salah satu negara dengan wilayah laut terbesar dan negara dengan garis pantai kedua terpanjang di dunia, potensi pariwisata bahari (laut dan pantai) sangatlah besar Namun, dengan adanya pandemi covid 19, sektor pariwisata sangat terpukul dan anjlok cukup besar. Salah satu upays untuk membangkitkan pariwisata bahari Indonesia adalah dengan teknologi melalui Transformasi Digital. Di IMC 33 ini, pak Arief Yahya yang merupalan pakar Transformasi Digital dengan pengalaman memimpin PT Telkom Tbk dan juga sebagai Menteri Pariwisata RI 2014-2019, akan memberikan percerahan mengenai strategi membangkitkan Pariwisata khususnya Pariwisata Bahari dengan Transformasi Digital,” tambah Harlin.

“Kepakaran dan Pengalaman Pak Arief tidak diragukan lagi dalam Transformasi Digital dan Sektor Pariwisata, ini membuat IMC 33 kaya sarat akan menarik dan semoga paparan dan diskusi akan bermanfaat, “ tambah Alexander Hasan, Researcher myshipgo, moderator IMC 33 ini. (Rls)

 

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *