Apel Fungsi Binmas, Kasat Binmas Polres Metro Jakpus Meminta Anggota Laksanakan Tugas Sambang Secara Seimbang

 Apel Fungsi Binmas, Kasat Binmas Polres Metro Jakpus Meminta Anggota Laksanakan Tugas Sambang Secara Seimbang
Digiqole ad

JAKARTA – Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Yulies Andri Pratiwi, SIK, pimpin Apel Fungsi Binmas di jajaran Polres Metro Jakarta Pusat, yang berlangsung di Lapangan Merah Polres Metro Jakarta Pusat, Sabtu (27/11/ 2021).

Dalam apel tersebut Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Yulies Andri Pratiwi, SIK memperkenalkan diri sebagai Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat, juga sebagai fungsi pembina Bhabinkamtibmas secara struktural.

Dalam kesempatan itu, Yulies Andri Pratiwi menyebutkan, tugas utama Bhabinkamtibmas sebagai pengemban fungsi preemtif, yang muaranya ke preventif.

“Penegakan hukum merupakan hal yang seharusnya dilakukan, akan tetapi mencegah terjadinya kejahatan adalah hal yang luar biasa,” kata Yulies Andri Pratiwi.

Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Yulies Andri Pratiwi, SIK, pimpin Apel Fungsi Binmas.

Mantan Kapolsek Tangerang ini juga menyebutkan, tugas dasar Bhabinkamtibmas yaitu, menciptakan kesadaran masyarakat yang tinggi terhadap Kamtibmas dan kepatuhan hukum.

Menurutnya, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja polri masih kurang. “Selama ini kita hanya fokus pada penegakan hukum atau refresif, kita ubah pemikiran kita yaitu dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk taat pada hukum atau preemtif,” jelas mantan Kapolsek Karawaci.

Lanjutnya, Perkap No. 7 Tahun 2021 tentang Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat, tolak ukur yang paling mendasar yaitu bisa menyadarkan masyarakat untuk taat terhadap peraturan.

“Bhabinkamtibmas adalah yang mewakili penilaian Polisi oleh masyarakat, karena perwujudan Polisi yang sesungguhnya yaitu Bhabinkamtibmas melalui tugas dan perannya ditengah masyarakat dengan cara melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Oleh karena itu jadikan Bhabinkamtibmas sebagai kebanggaan masyarakat,” paparnya.

Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Yulies Andri Pratiwi, SIK.

Ia juga meminta agar anggota melaksanakan tugas sambang secara seimbang, dalam artian pelaksanaan sambang bukan hanya ketempat yang menyenangkan saja, tetapi tempat yang tidak  menyenangkan juga harus dikunjungi.

“Kedepan kami akan melakukan penilaian terhadap pelaksanaan kegiatan Bhabinkamtibmas dan yang terbaik akan diberikan reward,” ujarnya.

Kasat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat juga mengajak anggotanya untuk mewujudkan berbagai hal-hal yang seharusnya menjadi harapan dari institusi Polri, tambahnya.

Dalam apel tersebut juga dihadiri Wakasat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat, para Kanit Binmas, para Bhabinkamtibmas, serta Kanit Bintibmas, KBO dan Anggota Sat Binmas Polres Metro Jakarta Pusat. (My)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *