Anies : Kami Bangga dan Bersyukur Penghargaan Jurnalistik Sudah Berjalan Ke-47 Kali

 Anies : Kami Bangga dan Bersyukur Penghargaan Jurnalistik Sudah Berjalan Ke-47 Kali
Digiqole ad

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan piala bergengsi Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin Ke-47, di Balai Kota Jakarta, Rabu (25/08/2021).

Dalam kesempatan itu, secara virtual, Anies juga memberikan mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Anugerah Jurnalistik Mohammad Husni Thamrin Ke-47 tersebut.

“Kami bangga dan bersyukur, penghargaan jurnalistik ini sudah berjalan ke-47 kalinya, jadi jangan ada yang mengintervensi untuk menghadangnya, pandemi tidak pandemi, penghargaan anugerah jurnalistik MH Thamrin jalan terus,’’ kata Anies.

Lebih jauh Gubernur DKI Jakarta menjelaskan, media mengalami tantangan dan bertumpuan pada banyak hal, salah satunya kecepatan. Sehingga, akurasi pemberitaan kadang menjadi ujian yang membuat masyarakat menjadi merujuk ke konfirmasi dari Pemerintah. Ini terbalik dan harus kita waspadai bersama, ujarnya.

Anies berpesan agar media menjaga objektivitas dalam setiap pemberitaannya. Terlebih, media memiliki peran untuk menampung sekaligus menyampaikan berbagai informasi kepada masyarakat.

Kegiatan Anugerah Jurnalistik MH Thamrin ini, kerja sama PWI Jaya dan Pemprov DKI Jakarta ini, merupakan penghargaan bergengsi yang diberikan kepada insan pers, yang menghasilkan karya jurnalistik terbaik sejak era Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 1974.

“Bagi yang menerima penghargaan, tetap dijaga untuk bisa menghasilkan karya jurnalistik yang membanggakan,” ujar Anies.

Sementara itu, Ketua PWI Jaya Sayid Iskandarsyah mengatakan Anugerah Jurnalistik MH Thamrin pada tahun ini diikuti ratusan karya, yang telah didaftarkan melalui suvay ada juga yang dikirim langsung ke PWI Jaya.

“Karya yang dilombakan merupakan karya yang terbit atau tayang pada periode 1 Juni 2020-31 Mei 2021,” ujarnya.

Adapun penghargaan yang diberikan, untuk kategori Tajuk Rencana pemenangnya Koran Tempo dengan judul “Antisipasi Bencana Ganda”. Kemudian, untuk pemenang dalam kategori Jurnalistik Teks diraih oleh Kompas.com dengan judul “Dilema Naik Transportasi Umum Ibu Kota”.

Untuk pemenang kategori Jurnalistik Foto diraih  Liputan6.com, dengan karya berjudul “Kondisi Penduduk Miskin di Salah Satu Sudut Ibu Kota”.

Untuk pemenang kategori Produk Jurnalistik Video Televisi Terestrial diraih Trans 7 dengan judul “Menunggu Waktu Jakarta Tenggelam”. Kategori Produk Jurnalistik Video Massa Televisi Streaming diraih Antara TV, dengan judul “Menengok pengerjaan konstruksi MRT Stasiun Thamrin-Monas”.

Begitu pula dengan kategori Produk Jurnalistik Audio diraih oleh RRI Pro 3 dengan judul “Dua Tahun Meneguhkan Ratangga di Tengah Badai Pandemi Ibu Kota”. (Vn/Eka)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *