NASIONAL

Sosialisasikan Aplikasi Loketku Wujudkan Kemudahan Pelayanan Pertanahan

JAKARTA – Memberikan pelayanan publik yang baik serta kemudahan bagi masyarakat merupakan tujuan pemerintah. Pemerintah saat ini terus berlomba-lomba menerapkan dan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk dapat membantu mewujudkannya.

Tak terkecuali yang dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dengan memanfaatkan kemajuan teknologi melalui aplikasi Loketku.

Loketku adalah aplikasi layanan mandiri pertanahan _online_ bagi masyarakat. Nantinya, masyarakat dapat mendaftarkan berkas permohonan layanan pertanahan di seluruh Kantor Pertanahan (Kantah) se-Indonesia dari rumah.

Untuk itu, sebelum dilaksanakannya peluncuran Loketku pada 24 September 2021 yang bertepatan dengan HUT Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA) ke-61, Kementerian ATR/BPN melaksanakan Sosialisasi Loketku secara daring kepada jajaran internal, Jumat (17/09/2021).

“Aplikasi Loketku memudahkan masyarakat dengan fitur antrean _online_, sehingga jumlah pengguna layanan yang datang langsung ke Kantah dapat dikontrol, dan masyarakat dapat memilih waktu dan menyesuaikan dengan waktu senggangnya,” ujar Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi, Virgo Eresta Jaya.

Lebih lanjut, Virgo Eresta Jaya menjelaskan jika sosialisasi dilaksanakan untuk meningkatkan _awareness_ khususnya kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN seluruh Indonesia sehingga dapat menggerakkan jajaran Kantah di lingkungannya untuk menggunakan Loketku.

Sehingga nantinya bertepatan dengan peluncuran Loketku, seluruh satker Kementerian ATR/BPN di daerah telah menggunakannya.

“Sesuai dengan data _dashboard_ Loketku hingga saat ini pengguna aplikasi Loketku baru 17 Kantor Wilayah (Kanwil) BPN serta 44 Kantah, maka diharapkan setelah adanya sosialisasi ini 33 Kanwil dan Kantah seluruh Indonesia menggunakan aplikasi Loketku ini. Saya ingin menekankan kepada seluruh Kakanwil untuk bergerak cepat sehingga aplikasi Loketku ini akan berjalan dengan baik,” tegasnya.

Staf Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Teknologi Informasi menambahkan, aplikasi Loketku merupakan agregasi dari inovasi-inovasi yang telah ada sebelumnya yang telah dilakukan oleh beberapa Kantah. Sehingga, dengan adanya Loketku ini menjadi satu pintu dan tidak terpisah-pisah seperti sebelumnya.

Melalui Loketku, masyarakat dapat terlebih dahulu melengkapi berkas-berkas pendaftaran tanahnya, dan mengunggahnya.

Alur perjalanan berkas yang sudah diverifikasi Kantah dapat secara _real time_ dipantau melalui aplikasi Sentuh Tanahku. Demikian juga apabila ada pertanyaan, masyarakat dapat langsung bertanya melalui menu tanya berkas. Sehingga, pemohon tidak perlu datang berulang kali ke Kantah.

Selain itu, masyarakat dapat memberikan penilaian berupa rating dan ulasan terhadap responsibilitas layanan yang diberikan oleh setiap Kantah. Permohonan layanan elektronik Loketku ini dapat dilakukan melalui tautan loketku.atrbpn.go.id. (Hms/Tr)

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button