Sosialisasikan Harnus 2019, Kementrian Kominfo Gelar Temu Netizen

 Sosialisasikan Harnus 2019, Kementrian Kominfo Gelar Temu Netizen
Digiqole ad

JAKARTA – Direktorat Komunikasi dan Informasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo menggelar Temu Netizen untuk mensosialisasikan Hari Nusantara 2019 dengan tema “Nusantaraku Berdaulat, Indonesiaku Maju” di Pesto Autentico, Senayan City Crystal Lagoon, Jakarta, Selasa (3/12/19).

Perlu diketahui, Hari Nusantara merupakan peringatan terhadap Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957, yang merupakan pernyataan Pemerintah RI mengenai wilayah perairan Indonesia sebagai wilayah terotorial yang menyatu dengan wilayah daratan, sehingga semua perairan yang menghubungkan daratan adalah bagian dari NKRI.

Hadir sebagai keynote speaker dalam kegiatan ini, Dirjen Informasi dan Komunikasi Pubik, Kementerian Kominfo Widodo Muktiyo, narasumber Dadang Rukmana, Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo serta Asdep Bidang Olahraga, Seni dan Budaya Maritim, Kemenko Maritim dan Investasi Kosmos Harefa.

Widodo Muktiyo dalam sambutannya menjelaskan bahwa ada beberapa tujuan dari peringatan Hari Nusantara Nasional.

Pertama, kata dia, untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat Indonesia, mengembangkan minat memperingati hari-hari besar untuk menumbuhkan nasionalisme,  mensosialisasikan prinsip-prinsip Indonesia sebagai negara kepulauan serta mensosialisasikan makna wawasan nusantara sebagai manifestasi deklarasi Djuanda.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan ekonomi kelautan dengan mengikutsertakan peran serta masyarakat dalam bentuk UKM,” ujar Widodo.

Sementara itu, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary mengatakan bahwa puncak acara Hari Nusantara akan dilaksanakan di Pantai Gandoriang, Kota Pariaman, Sumatera Barat pada 14 Desember 2019.

“Melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat mewujudkan sistem pertahanan yang handal yang dapat mempertahankan dan menjaga NKRI,” kata Septriana.

Pada kegiatan ini, netizen yang hadir diperkenalkan tentang laut sebagai sumber potensial dan perekat budaya maritim serta didorong kembali untuk mengembangkan berbagai industri kelautan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional. (Ilham)

Digiqole ad

Berita Terkait

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *